nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terlepas Kontroversinya, 100 Hari Kepemimpinan Presiden Filipina Raih Respon Positif

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 06 Oktober 2016 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 06 18 1507581 terlepas-kontroversinya-100-hari-kepemimpinan-presiden-filipina-dapatkan-respon-positif-SVMHD9cZTR.jpg Foto Presiden Duterte ketika memberikan pidatonya di Manila, Filipina pada Selasa 4 Oktober (Foto: AFP/Getty Image)

MANILA – Walaupun kontroversi tidak lepas dari Presiden Filipina Rodrigo Duterte, ia tetap menerima respons positif dari rakyatnya di masa 100 hari kepemimpinan Duterte.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh media setempat, sebanyak 64 persen warga Filipina puas dengan kepemimpinan Duterte. Dilaporkan, media tersebut menyebut angka itu sudah masuk ke dalam kategori “kepemimpinan yang sangat baik”.

Di survei lainnya yang dilakukan oleh Social Weather Stations (SWS) ditemukan angka yang lebih baik. Pasalnya SWS menyebutkan bahwa 76 persen warga Filipina yang sudah berhak memilih memutuskan mereka puas dengan kinerja kerja dari Duterte.

Sebagaimana dikutip dari Inquirer, Kamis (6/10/2016) survei tersebut dilakukan SWS pada 24 hingga 27 September dan dirilis oleh BusinessWorld. Dilaporkan, hanya 11 persen yang tidak puas dengan kinerja Duterte sedangkan 13 persen lainnya masih ragu-ragu.

Pada 8 Oktober akan ditandakan sebagai 100 hari Duterte mengemban jabatannya sebagai Presiden Filipina. Semenjak ia memimpin, Duterte mengobarkan perang terhadap bandar dan pengguna narkoba, lebih dari 3.000 orang kehilangan nyawanya akibat perang narkoba itu.

Namun, apa yang dilakukan Duterte dinilai berhasil sebab lebih dari 600.000 tersangka narkoba, baik bandar dan pengguna telah menyerahkan diri. Walaupun sukses di dalam negeri, nama Duterte dianggap kurang baik di ranah internasional akibat kontroversi yang acap kali dilakukannya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini