Share

Mengeluh di Facebook, Seorang Ibu Dipenjarakan oleh Anggota DPRD Jeneponto

Zulfikarnain, Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 340 1525466 mengeluh-di-facebook-seorang-ibu-dipenjarakan-oleh-anggota-dprd-jeneponto-UblXtG6tXg.jpg Ilustrasi (Okezone)

MAKASSAR - Berawal dari keluhan yang dituliskannya di media sosal facebook, seorang ibu rumah tangga bernama Yusniar (27) dilaporkan ke pihak polisi oleh seorang anggota DPRD Kabupaten Jeneponto, Sudirman Sijaya.

Perempuan tersebut kini menjalani penahanan di Rutan Makassar setelah dijerat pasal penghinaan dan pencemaran nama baik.

Hal itu baru terungkap setelah pihak keluarga Yusniar didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Makassar menggelar konfrensi pers di kantor LBH Makassar, Jalan Pelita Raya, Makassar, Rabu (26/10/2016).

“Awalnya waktu bulan Maret 2016, Sudirman datang ke rumah, dia juga bawa ratusan massa. Baru mereka mau bongkar rumah kami," ungkap ayah Yusniar, Burhanuddin.

Pasca-kejadian itu, lanjut Burhanuddin, besoknya sang anak Yusniar mengeluhkan kejadian yang menimpa keluarganya di facebook. Dalam status tersebut, Yusniar menuliskan DPRD tolo alias bodoh.

Anggota DPRD itu pun tak terima dengan tulisan tersebut. Dia lalu melaporkan Yusniar ke Polrestabes Makassar atas tudingan pencemaran nama baik. Yusniar pun kini masih mendekam di penjara, sementara kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Kejari Makassar.

"Yusniar adalah korban dari kesewenang-wenangan oknum Anggota DPRD. Yusniar yang mengeluarkan pendapatnya dan mengekspresikan perasaan yang dialami atas adanya kasus pembongkaran rumah yang dialami," kata Abdul Aziz selaku pendamping dan penasehat hukum Yusniar.

Aziz menambahkan, Yusniar sebagai warga negara bukannya dilindungi namun justru mengalami kriminalisasi. Menurutnya, hak berpendapat dan berekspresi adalah hak konstitusional warganegara yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar dan UU HAM.

Akibat kejadian ini, pihak keluarga Yusniar berencana melaporkan balik Anggota DPRD Sudirman Sijaya atas tindakan pengrusakan rumah milik ayah Yusniar.

(fas)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini