Berkas Kasus Penistaan Agama di Jambi Dilimpahkan ke Kejaksaan

Nanang Fahrurozi, Sindo TV · Jum'at 13 Januari 2017 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 13 340 1590913 berkas-kasus-penistaan-agama-di-jambi-dilimpahkan-ke-kejaksaan-YXpqD2yPsj.jpg Massa ormas Islam saat demo di Jambi menuntut penyelesaian kasus penistaan agama (Nanang/iNewsTV)

JAMBI – Berkas kasus dugaan penistaan agama di Hotel Novita, Jambi pada 23 Desember 2016 telah dilimpahkan ke kejaksaan. Kasus yang sebelumnya disidik Polda Jambi itu berupa penabalan lafadz Allah pada miniatur hiasan Natal.

Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Jambi, Dedi Susanto mengatakan, berkas kasus penistaan agama dengan tersangka berinisial RZ (20) sudah dilimpahkan pada 9 Januari 2017. “Berkas tersangka RZ sudah dilimpahkan penyidik Polda Jambi," katanya, Jumat (13/1/2017).

Saat ini, terang Dedi, jaksa penuntut umum (JPU) sedang meneliti kelengkapan berkas perkara RZ. "Kelengkapan formil dan materil berkas perkara tersangka sedang diperiksa," ujarnya.

Namun, Dia belum bisa memastikan kapan selesainya berkas tersebut diperiksa. Hanya saja, Dedi berjanji akan memberikan informasi kepada media bila berkas terkait akan siap di sidangkan.

Sebelumnya, dalam mengungkapkan kasus penistaan agama yang menjadi perhatian publik tersebut, penyidik Polda Jambi telah memeriksa lebih 30 orang saksi.

Akhirnya, dalam acara jumpa pers yang dihadiri Gubernur Jambi Zumi Zola, Wali Kota Jambi Syarif Fasha, pemuka agama, ormas Islam di Mapolda Jambi pada 5 Januari lalu, RZ ditetapkan sebagai tersangka tunggal.

"Dari hasil penyelidikan, barang bukti, petunjuk dan hasil rekonstruksi, RZ kita panggil dan ditetapkan sebagai tersangka," ujar Kapolda Jambi Brigjend Yazid Fanani.

RZ sendiri merupakan oknum mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Jambi dan berasal dari keluarga tak mampu serta berkerja sebagai pegawai honorer di Hotel Novita Jambi

Akibat perbuatannya tersangka terancam hukuman lima tahun penjara dan tidak bisa lagi melanjutkan kuliahnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini