Share

Senat AS Konfirmasi Rex Tilerson Sebagai Menlu Kabinet Trump

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 02 Februari 2017 04:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 02 18 1607216 senat-as-konfirmasi-rex-tilerson-sebagai-menlu-kabinet-trump-6kNJ0azoQi.jpg Senat mengonfirmasi mantan Bos Exxon, Rex Tillerson sebagai Menteri Luar negeri AS. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Senat Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi Rex Tillerson sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) AS dalam kabinet Presiden Donald Trump. Mantan CEO Exxon itu berhasil lolos pemeriksaan senat dengan selisih suara yang tipis.

Diwartakan Reuters, Kamis (2/2/2017), dalam pemungutan suara, Tillerson mendapat dukungan dari 56 senator sementara 43 senator lainnya menyatakan penolakan. Dukungan terhadap Tillerson datang dari para senator Partai Republik bersama dengan empat senator Partai Demokrat. Senator Chris Coon dari Partai Demokrat menyatakan abstain.

Meski telah dikonfirmasi, senat masih memiliki beberapa kekhawatiran terkait penunjukan pria berusia 64 tahun itu terutama mengenai kedekatannya dengan Rusia setelah bekerja di Exxon selama bertahun-tahun. Tillerson juga disorot karena tidak mau mengundurkan diri dari segala urusan menyangkut Exxon selama menjabat sebagai Menlu, bukan hanya dalam setahun sebagaimana diwajibkan undang-undang.

Presiden Trump menyebut Tillerson yang dikenal sebagai seorang negosiator ulung sebagai “pemain kelas dunia”. Pengalamannya memimpin Exxon selama 40 tahun akan menjadi modal besar dalam menjalankan perannya sebagai Menlu AS.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini