Image

Presiden AS Sambut Kunjungan Menlu Rusia di Gedung Putih

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis, 11 Mei 2017 - 00:13 WIB
Presiden AS, Donald Trump dan Menlu Rusia, Sergey Lavrov. (Foto: Twitter/RT) Presiden AS, Donald Trump dan Menlu Rusia, Sergey Lavrov. (Foto: Twitter/RT)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyambut kunjungan Menteri Luar (Menlu) Rusia, Sergey Lavrov di Gedung Putih. Kunjungan Lavrov merupakan pertemuan level tertinggi dari pejabat kedua negara untuk pertama kali setelah empat tahun lamanya. Dan pertemuan ini juga menjadi wujud komunikasi AS dengan Pemerintah Rusia di bawah pimpinan Presiden Trump.

Menlu Lavrov tiba di Gedung Putih dan masuk melalui pintu eksklusif barat guna menghindari awak media. Sebelumnya ia dilaporkan telah terlebih dulu berjumpa dengan Sekertaris Negara, Rex Tillerson guna melakukan pembahasan lanjutan pertemuan sebelumnya ketika Tillerson mengunjungi Rusia.

Sebagaimana diwartakan Belfast Telegraph, Kamis (11/5/2017), Presiden Rusia, Vladimir Putin meminta Presiden Trump untuk bertemu dengan Lavrov. Pertemuan tersebut disampaikan Putin, ketika kedua pemimpin negara itu berbicara melalui sambungan telefon. Presiden Trump sendiri memang diketahui kerap mensinyalkan ingin menjalin hubungan baik dengan Rusia.

Untuk diketahui, pejabat Rusia tidak mengunjungi Washington sejak 2013 atau setahun sebelum Rusia melakukan aneksasi terhadap wilayah Crimea di Ukraina dan dua tahun sebelum Rusia terlibat dalam konflik Suriah. Sayangnya tidak dijelaskan secara rinci terkait pembahasan yang akan dilakukan Presiden Trump dan Lavrov.

Namun, rencana kebijakan untuk menstabilkan situasi di Suriah yang tidak kondusif akibat perang yang telah berjalan selama enam tahun, disebut-sebut menjadi agenda pembahasan utama dari keduanya. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming