nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Ramadan, Warga Tangerang Gelar Tradisi Keramas Bersama di Kali Cisadane

Rikhi Ferdian, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2017 13:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 05 26 338 1700320 sambut-ramadan-warga-tangerang-gelar-tradisi-keramas-bersama-di-kali-cisadane-s640nHYnMb.jpg Foto: Rikhi F/Okezone

TANGERANG - Warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, melakukan ritual mandi keramas di pinggir Kali Cisadane. Ritual yang menjadi tradisi tersebut dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan

Warga dari berbagai usia berkumpul di bantaran Kali Cisadane. Dengan menggunakan merang untuk keramas, warga kemudian mandi di kali dan keramas bersama-sama. Para warga percaya tradisi ini adalah sebuah ritual untuk menyucikan diri menjelang bulan puasa.

Wali Kota Tangerang, Arief Wismansayah mengatakan, ritual mandi keramas tersebut merupakan sebuah tradisi yang menjadi kearifan lokal warga Tangerang sejak lama. Tradisi ini rutin dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya lokal khas Kota Tangerang.

"Kegiatan ini terus dilakukan untuk menjaga agar budaya tersebut tidak hilang. Sekaligus memperkenalkan ke anak - anak yang menjadi generasi penerus," katanya saat dikonfirmasi Okezone, Jumat (26/5/2017).

Dia juga menjelaskan, makna dari keramas di Kali Cisadane tersebut adalah untuk membersihkan diri sebelum berpuasa, sehingga ibadah puasa bisa menjadi lebih khusuk.

"Keramas ini jadi mandi wajib. Semoga dengan kebersamaan ini semakin meningkatkan semangat ukuwah dan keimanan dalam menjalankan ibadah puasa," ucapnya.

Sementara itu, Abdullah (30) satu dari warga menuturkan, ritual keramas bersama tersebut rutin ia ikut sejak 20 tahun silam. Yang mana, tradisi keramas di Kali Cisadane ini menjadi tradisi turun temurun dari kakek neneknya dahulu.

"Tiap tahun rutin dilakukan, ini memang sudah dilakukan dari jaman nenek moyang di kampung sini setiap menjelang bulan Ramadhan," tukasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini