Kabupaten Karo Dilanda Hujan Es, 100 Rumah Warga Rusak

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 13 Juni 2017 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 13 340 1714457 kabupaten-karo-dilanda-hujan-es-100-rumah-warga-rusak-hnwzpRtZCy.jpg Fenomena hujan es. (Foto: Wahyudi Aulia Siregar/Okezone)

MEDAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mencatat lebih dari 100 rumah mengalami kerusakan akibat hujan es yang melanda sebagian kawasan mereka. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo Natanael Peranginangin ‎mengatakan, ada dua desa di sana yang dilanda hujan es. Pertama, Desa Pertumbukan; dan yang kedua Desa Bulan, Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo. 

"‎Tadi sore kejadiannya. Sekitar pukul 16.05 sampai 17.15 WIB. Hujan es ini. Merusak kurang lebih 100 rumah. Mayoritas kerusakan di atap rumah atau seng," kata Natanael dalam keterangannya kepada Okezone, Senin 12 Juni 2017 malam. 

Selain kerusakan pada atap rumah warga, hujan es ini juga merusak lahan lahan pertanian. Guna membantu warga, BPBD telah menurunkan tim reaksi cepat untuk menyalurkan logistik dan melakukan pendataan lahan warga yang rusak. 

"Kita juga sudah melaksanakan musyawarah di desa untuk mendapatkan solusi atas kejadian tersebut. Kita juga telah berkoordinasi dengan dinas pertanian agar mendata lahan dan memberikan saran kepada petani tindakan apa yang dilaksanakan kepada lahan atau tanaman yang terkena dampak hujan es tadi," jelasnya. 

Natanael mengakui fonema alam berupa hujan es ini baru pertama kali dirasakan di Karo, Sumatera Utara. Meski begitu, ia mengimbau warga tetap tenang, dan saat ini mereka telah menyalurkan bantuan logistik bagi warga. 

"Saat ini cuaca sudah aman, hujan sudah redah, sebagian warga juga sudah membersihkan rumah masing masing," tutup Natanael. 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini