nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Pernikahan Tak Biasa di Indonesia, Nomor 5 Bikin Geger

Fitriyani, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 13 340 1829908 7-pernikahan-tak-biasa-di-indonesia-nomor-5-bikin-geger-7KSkhSxTgG.jpg Pasangan besa usia Selamet Riyadi dan Rohaya. Foto Antara

MENERUSKAN hubungan cinta yang telah terjalin ke jenjang pernikahan merupakan idaman bagi kebanyakan orang. Namun, bagaimana bila pernikahan tersebut dilaksanakan dengan cara yang aneh ataupun tidak lazim?

Nyatanya, pernikahan yang menuai kontroversi kerap kali terjadi di belahan bumi mana pun, tidak terkecuali di Indonesia. Publik Tanah Air juga pernah dihebohkan dengan beberapa pernikahan kontroversial yang mewarnai pemberitaan media massa. Okezone merangkum 7 pernikahan tak biasa di Tanah Air:

1. Mahar Seperangkat Knalpot

Mahar pada saat pernikahan itu biasanya emas, uang, alat salat, hingga kendaraan dan rumah. Tetapi berbeda dengan yang diberikan Agus Sofyan Hidayat kepada calon istrinya. Pria dari Magetan, Jawa Timur itu memberikan mahar seperangkat knalpot.

Selain sepasang alat knalpot, dalam kotak mahar tersebut juga berisi beberapa lembar uang pecahan Rp50 ribu, satu lembar pecahan Rp5.000, serta beberapa lembar pecahan Rp2.000.

Baca: Pasangan Asal Magetan Menikah dengan Mahar Knalpot Racing

2. Pria 39 Tahun Nikahi Nenek 75 Tahun

Jika cinta sudah melekat, usia pun tak jadi halangan untuk hidup bersama. Ungkapan itu agaknya tepat diberikan untuk kisah cinta dua sejoli yang terpaut usia cukup jauh ini.

Mereka adalah Nahwani (39) dan Wania (75). Keduanya mendadak bikin geger warga Desa Rantauwan, Kecamatan Amuntai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan karena mengikat janji suci sehidup semati. Baca Artikelnya di Sini

3. Menikah Mengenakan Seragam Pramuka

Pernikahan menjadi momen penting dan takkan terlupakan dalam hidup. Oleh karena itu, banyak orang yang mengusung konsep unik sesuai keinginannya. Pasangan ini berbeda dari pasangan lainnya, yang umumnya menghadiri resepsi pernikahan mengenakan jas dan gaun. Tanpa kesan mewah, pasangan di Ngawi, Jawa Timur, memilih melangsungkan prosesi pernikahan berbalut seragam pramuka.

Pasangan ini bernama Salindri Anita Rahman dan Rheza Indratha Debonrat. Keduanya merupakan anggota Gerakan Pramuka di Jawa Timur. Mereka sendiri yang mengusung konsep Pramuka tersebut. Tak hanya seragam Pramuka, Rheza juga meminang perempuan idamannya dengan mahar yang berbentuk simbol pramuka yaitu tunas kelapa. Simak Artikelnya di Sini

4. Bernyanyi untuk Sang Kekasih Idaman

Seorang pengantin pria di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan menyuguhkan aksi romantis kepada wanita pujaan hatinya di hari pernikahan mereka. Pasangan pengantin baru ini seketika membuat heboh warga di BTN Tasokkoe, Pinrang pada Senin 16 Oktober 2017. Baca: Pengantin Pria Bikin Penonton Baper

Bagaimana tidak roomantis? Pria yang bernama Muhammad Rizal S (26) itu menyanyikan lagu berjudul "Melamarmu" yang ditujukan kepada gadis pujaan hatinya, Ana Sasi Mahta Said (24). Suara merdu Rizal berhasil menghipnotis kagum hingga mereka berteriak histeris bahkan tamu undangan ada yang meneteskan air mata.

5. Pemuda 16 Tahun Nikahi Nenek 71 Tahun

Kasus pernikahan di Indonesia dengan terpaut usia yang jauh sudah biasa terjadi. Pemberitaan seperti itu dianggap normal. Namun belum lama ini pernikahan Slamet Riyadi dan Rohaya membuat heboh. Pasalnya, Slamet yang baru berusia 16 tahun mantap menikahi Rohaya yang sudah menginjak usia 71 tahun. Perbedaan usia hingga 50 tahun lebih tidak menggentarkan keduanya.

Baca: 5 Pernikahan Beda Usia Paling Heboh di Indonesia

6. Mas Kawin 119 Cincin Emas

Warga Bone, Sulawesi Selatan, baru-baru ini dihebohkan dengan pernikahan pasangan pengantin di Desa Cumpiga, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. Lazimnya, pengantin pria memberikan sebuah cincin kepada mempelai wanita, tetapi jauh mempelai pria ini memberikan hingga 119 cincin emas kepada calon istrinya.

Cincin berlapis emas itu diserahkannya langsung saat prosesi Mammatua, yakni salah satu tahap adat pernikahan suku Bugis sebagai perkenalan diri mempelai kepada orangtua pasangan.

Simak Lengkapnya di Sini:

7. Menikah dengan Konsep Serial Drama Game of Thrones

Biasanya para calon pengantin di Indonesia mengusung tema tradisional atau perpaduan tradisional dan modern di hari pernikahannya. Berbeda dengan apa yang dilakukan oleh pasangan pengantin bernama Rekhaza Panji Riawan dan Sista Mauli Wulandari ini. Mereka sepakat mengusung tema pernikahan yang terinspirasi dari serial drama fantasi asal Amerika Serikat, Game of Thrones.

Saat resepsi pernikahan di Jakarta, sang mempelai wanita memilih gaun berpotongan pendek warna coklat muda dengan aksen jubah panjang. Dilengkapi dengan telinga tambahan, mahkota, dan sepasang sepatu emas berhak tinggi, Sista bertranformasi menjadi sosok Ratu Elven.

Lihat Foto-fotonya di Sini

Sementara, Rekhaza mengenakan jubah berwarna keemasan yang dipadu dengan celana hitam berpotongan ketat. Untuk sepatunya, ia menggunakan boots hitam. Rekhaza juga membawa pedang kayu dan mengenakan headpiece sehingga menyempurnakan penampilannya bak tokoh Raja Joffrey.

Demi mewujudkan pernikahan ala kerajaan Game of Thrones. Keduanya menghabiskan biaya sebesar Rp179 juta untuk pesta pernikahan tersebut.

(fzy)
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini