Image

Arab Saudi Gelar Pameran Mobil Khusus untuk Perempuan

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 10:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 18 1843912 arab-saudi-gelar-pameran-mobil-khusus-untuk-perempuan-iEKVScmLDx.jpg Pameran mobil pertama untuk kaum hawa di Arab Saudi. (Foto: Reuters)

RIYADH - Para perempuan di Arab Saudi datang berbondong-bondong ke sebuah mal di Jeddah. Belakangan diketahui, di mal tersebut, pihak kerajaan tengah menggelar pameran mobil khusus bagi para kaum hawa. Sebagaimana diketahui awal 2018, negeri kaya minyak itu mengizinkan wanita untuk mengemudikan kendaraan sendiri.

Pameran mobil tersebut, disambut antusias para perempuan.

"Saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya," ujar seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya terkait kebijakan larangan mengemudi yang dicabut sebagaimana dilansir dari The Guardian, Jumat (12/1/2018).

Sebelumnya, Arab Saudi menjadi satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan mengendarai mobil.

BACA JUGA: Seluruh Perempuan di Arab Saudi Bisa Masuk ke Stadion Olahraga pada 2018

"Saya selalu tertarik dengan mobil, tapi kami tidak memiliki kemampuan untuk mengemudi. Dan sekarang (usai pencabutan larangan) saya sangat tertarik untuk membeli mobil dan saya berharap harganya tidak terlalu tinggi," terang seorang pengunjung pameran bernama Ghada al-Ali.

Pencabutan larangan mengemudi bagi wanita merupakan tindak lanjut dari eksekusi reformasi ambisius Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Pangeran Mohammad bin Salman mengguncang kerajaan Arab Saudi yang sangat konservatif dengan wacana reformasinya.

Banyak pihak yang menilai berkuasanya Putra Mahkota Mohammed bin Salman menjadi bukti bahwa generasi muda berhasil mengambil tempat sentral. Dan mampu beradaptasi dengan zaman modern dengan mematahkan tradisi patriarki yang berlaku selama bertahun-tahun yang dianggap menghalangi kaum hawa untuk berkembang.

BACA JUGA: Tidak Hanya Mobil, Perempuan Saudi Juga Diizinkan Menyetir Truk

Pameran mobil yang baru pertama digelar untuk wanita ini fokus untuk memamerkan mobil hemat bahan bakar. Selain mengizinkan perempuan mengemudi, pihak kerajaan juga telah mengizinkan mereka untuk masuk ke stadion --yang sebelumnya juga dilarang-- untuk menonton pertandingan.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini