nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pekan Depan Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN Ke-33 di Singapura

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 08 November 2018 17:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 08 18 1975167 pekan-depan-presiden-jokowi-hadiri-ktt-asean-ke-33-di-singapura-fomrhag5NV.jpg Presiden Jokowi

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN ke-33 pada 13 sampai 15 November di Sun City, Singapura. Dalam KTT kali ini, presiden akan didampingi oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kemlu RI, Benny Siahaan mengatakan, KTT ASEAN ke-33 mendatang akna dihadiri oleh seluruh kepala-kepala negara ASEAN dan kepala negara-negara mitra termasuk China, Rusia, India dan Jepang.

"KTT ini akan menjadi puncak keketuaan Singapura sebelum diserahkan kepada Thailand tahun depan," kata Benny dalam press briefing mingguan di Kementerian Luar Negeri, Kamis (8/11/2018).

Presiden Jokowi akan membawa beberapa agenda untuk dibahas dalam sesi pleno yang digelar pada 13 November di antaranya mengenai konsep Indo-Pasifik dan isu Rohingya di Rakhine.

(Baca Juga: Jokowi Agendakan Sejumlah Pertemuan dengan Pemimpin ASEAN di Sela IMF-World Bank 2018)

Hari kedua akan diisi dengan pertemuan ASEAN dengan negara-negara mitra. di antaranya pertemuan ASEAN-Australia, ASEAN-China, ASEAN-Rusia dan ASEAN-Jepang. Sementara pada 15 November akan diadakan pertemuan ASEAN-Amerika Serikat dan ASEAN +3, pertemuan East Asia Summit (EAS).

Pertemuan-pertemuan tersebut akan membahas arah kerja sama kemitraan di masa mendatang,sementara untuk KTT EAS akan membahas arah kemitraan dan pertukaran pandangan mengenai isu regional dan internasional.

Benny mengatakan akan ada sekira 62 outcome document yang akan dihasilkan dari pertemuan-pertemuan di KTT ASEAN ke-33, termasuk EAS Leaders' statement on combating plastic debris mengenai penanggulangan terhadap sampah plastik di laut yang diusulkan oleh Indonesia.

Indonesia juga akan bertindak sebagai koordinator pertemuan ASEAN-Rusia di mana Presiden Jokowi akan menyerahkan ASEAN common statement yang berisi pandangan-pandangan negara ASEAN terhadap Rusia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini