nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modus Baru, Niat Tolong Orang Kecelakaan di Depok Malah Dibegal

Wahyu Muntinanto, Jurnalis · Jum'at 11 Januari 2019 00:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 338 2002842 modus-baru-niat-tolong-orang-kecelakaan-di-depok-malah-dibegal-XDFIh5I1NY.jpg Ilustrasi Begal Motor (foto: Shutterstock)

DEPOK - Aksi begal disertai pembacokan kembali beraksi di wilayah Depok, Jawa Barat. Kali ini terjadi di jalan Rumah Tahanan Militer (RTM) Cimanggis, Depok sekira pukul 01.00 WIB. Sebanyak dua orang menjadi korban pembacokan dan harus dilarikan ke RS Tugu Ibu, Cimanggis, Depok.

Keterangan dari seorang yang enggan disebutkan identitasnya mengatakan, kejadian berawal saat kedua motor dengan berboncengan bersenggolan dan terjatuh. Peristiwa itu membuat pengguna jalan dan warga sekitar yang berada di lokasi membantu, namun niat baik korban justru dimanfaatkan pelaku untuk meminta ponselnya dan membacok dengan menggunakan celurit.

(Baca Juga: Usai Rayakan Malam Pergantian Tahun, Pelajar Tewas Ditusuk Begal) 

"Ini kayanya modus baru begal, jalan RTM itu sepi tiba - tiba dua motor bersenggolan dan jatuh kejadianya hak jauh dari TK Annisa. Kemudian pengendara motor dan sedikit warga yang membantu karena sudah larut malam justru malah jadi korbanya," ujar dia.

 

Dia mengaku sebelum kejadian tersebut, aksi begal juga terjadi di jalan yang sama. Dari keterangan warga sekitar peristiwa pembegalan juga diawali dengan pengendara motor yang terjatuh, setelah menolong justru malah di bacok dan diminta telepon genggamnya.

"Sebelumnya ada juga pembegalan dengan membacok korbanya di jalan RTM. Dimulai ada pengendara motor yang jatuh dan yang menolong justru jadi korban. Ini seperti modus baru deh," ujarnya.

Sementara Kapolsek Cimanggis Kompol Suyud menjelaskan peristiwa pembacokan di jalan RTM bukanlah aksi begal melainkan hanya pembocokan yang dilakukan oleh 4 orang pemuda. Dia menjelaskan kejadian berawal kala dua pengemudi sepada motor yang saling bernoncengan terlibat kecelakaan lalu lintas akibat bersenggolan.

Mereka terjatuh dekat TK Islam Annisa, kemudian pemuda yang jadi korban itu berusaha menolong namun satu pelaku tak terima karena tidak langsung ditolong dan melakukan pembacokan.

"Ada pengendara sepeda motor yang kecelakaan karena motornya senggolan terus jatuh. Nah pas kejadian ada warga di lokasi terus mencoba menolong tapi tiba-tiba malah dibacok," kata Suyud di Cimanggis, Depok, Kamis (10/1/2019).

Usai mengeroyok korban, Suyud menyebut pelaku yang diperkirakan berjumlah empat orang itu bergegas melarikan diri meninggalkan korban. "Pelakunya membawa senjata tajam, tapi mereka bukan begal. Kejadiannya saat dini hari, jadi kondisi jalan sepi. Habis membacok pelaku melarikan diri. Pelaku diduga berjumlah empat orang," ujarnya.

Dua korban pengeroyokan sempat dibawa ke RS Bhayangkara lalu dirujuk ke RS Polri Kramat Jati, sementara satu korban lain dibawa ke RS Tugu Ibu, Cimanggis, Depok. Menurutnya korban tak saling kenal dan hanya kebetulan melintas di Jalan RTM saat kejadian tak mengalami luka bacok serius.

(Baca Juga: Jadi Begal Sadis, 5 Pelajar Makassar Diringkus Polisi) 

"Korbannya tak saling kenal, mereka hanya kebetulan lewat saja. Habis kejadian dibawa ke dua korban RS Bhayangkara lalu dirujuk ke RS Polri Kramat Jati, satu korban lagi ke RS Tugu Ibu. Lukanya tidak membahayakan," tuturnya.

Suyud menyebut saat ini Unit Reskrim Polsek Cimanggis masih berupaya mencari para pelaku berdasarkan keterangan sejumlah pedagang kaki lima yang beroperasi di sekitar lokasi kejadian.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini