nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangkap 10 Pelaku Sweeping Kelompok Iwan Walet, 1 Polisi Terluka

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2019 02:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 01 13 512 2003685 tangkap-10-pelaku-sweeping-kelompok-iwan-walet-1-polisi-terluka-x7ITKuPQcj.jpg Polisi rilis penangkapan 10 orang yang hendak melakukan sweeping. (Foto : Ist)

SEMARANG – Polisi membekuk 10 orang yang diduga terlibat dalam aksi sweeping terhadap kelompok Iwan Walet di Solo, Jawa Tengah. Dari tangan tersangka, polisi menyita sejumlah senjata tajam beserta airsoft gun.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Agus Triatmaja, mengatakan, penangkapan itu bermula saat gabungan tim Resmob Polda Jateng, Resmob Polresta Surakarta, Sat Sabhara Polresta Surakarta dan Brimob, melakukan patroli di daerah rawan, pada Sabtu sekira pukul 16.00 WIB. Tim mendapatkan informasi adanya kelompok tertentu yang akan melakukan sweeping terhadap kelompok Iwan Walet.

“Kemudian dilakukan pengecekan, ternyata benar. Saat didatangi patroli, mereka kabur ke arah Semanggi. Setelah dilakukan penyisiran ada sekelompok orang, kumpul di ruko selatan Pasar Klitikan, Semanggi Pasar Kliwon Surakarta,” kata Agus, Sabtu (12/1/2019).

Pukul 19.00 WIB, polisi melakukan pengecekan dan saat diperiksa sekelompok orang tersebut melakukan perlawanan dengan senjata tajam berupa pedang, samurai, celurit. Ada pula yang membawa senjata api jenis airsoft gun.

Polisi rilis penangkapan 10 orang yang hendak sweeping di Solo. (Ist)Polisi rilis penangkapan 10 orang yang hendak sweeping di Solo. (Ist)

“Anggota melakukan tindakan tegas dan terukur dan berhasil mengamankan 10 orang. Saat diamankan ada dua orang dari kelompok tersebut mengalami luka tembak di bagian kaki kiri, dan pinggang atas sebelah kiri. Kemudian dibawa ke Poliklinik Polresta Surakarta, untuk dilakukan tindakan perawatan,” terangnya.

“Anggota Resmob Polda Jateng terkena sabetan pedang sebelah bahu kanan,” tambahnya.

Barang bukti yang disita di antaranya, busur 3 buah, anak panah 8 buah, tongkat T 1 buah, airsoft gun 1 buah, tongkat kayu 13 buah, palu 1 buah, sabit 1 buah, belati 2 buah, parang 3 buah, samurai 1 buah, batako 1 buah, tembak panah 1 buah, beserta sejumlah ponsel.

(Baca Juga : Bebas Usai Kericuhan di Rutan Solo, Rumah Iwan Walet Dirusak Massa Berpedang)

Sebelumnya diberitakan, rumah Koes Setiawan Danang Mawardi alias Iwan Walet di RT 3/5, Kelurahan Tegalharjo, Jebres, Solo dirusak sekelompok orang pada Sabtu siang. Perusakan rumah terjadi pada pukul 13.30 WIB.

Iwan Walet pada Sabtu subuh akhirnya menghirup udara segar setelah menjalani masa pidana selama lima bulan 15 hari, atas kasus penganiayaan.

(Baca Juga : Bawa Sajam, 10 Orang yang Diduga Hendak Sweeping di Solo Ditangkap Polisi)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini