nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemberontak Suriah yang Didukung AS Serang Sisa-Sisa Militan ISIS

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 11 Februari 2019 07:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 11 18 2016157 pemberontak-suriah-yang-didukung-as-serang-sisa-sisa-militan-isis-9wszUKzleW.jpg Para pejuang Laskar Demokratris Suriah (SDF) yang didukung AS. (Foto : Dok Reuters)

LASKAR Demokratis Suriah (SDF) yang didukung AS mengatakan mereka telah merebut kembali 41 posisi yang diduduki militan Negara Islam sementara mereka berusaha membersihkan kantong terakhir yang dikuasai kelompok militan itu di Suriah timur.

Mustafa Bali, juru bicara SDF, mengatakan di Twitter pada hari Minggu (10/2/2019), pasukan SDF telah menghancurkan kubu pertahanan di Desa Baghuz, tetapi pertempuran sengit berlanjut.

"#SDF telah maju di poros utara dan barat ke Baghuz sejak jam 19.00 kemarin malam, merebut 41 posisi ISIS dan menghancurkan kubu pertahanan. Serangan balasan ISIS digagalkan pada jam 4 pagi ini. Pertempuran hebat sedang terjadi di dalam desa terakhir itu saat ini,” tulisnya.

ilustrasi

"Ada bentrokan hebat saat ini. Kami telah melancarkan serangan dan para pejuang maju," kata seorang komandan lapangan SDF kepada AFP, Minggu.

(Baca Juga : Donald Trump Klaim 100% Wilayah Kekuasaan ISIS Bakal Diambil Alih Pekan Depan)

SDF, yang didukung oleh serangan udara koalisi yang dipimpin AS, berperang melawan ISIS di wilayah seluas 4 kilometer persegi yang mencakup Baghuz dan dekat dengan perbatasan Irak.

Pejabat SDF dan Syrian Observatory for Human Rights, pemantau yang berbasis di Inggris, memperkirakan ada sekitar 3.000 jihadis ISIS, sebagian besar orang asing, di wilayah tersebut. Pemantau itu juga memperkirakan beberapa ratus warga sipil juga masih berada di daerah itu.

(Baca Juga : ISIS Lakukan Perlawanan Terakhir di Suriah Timur)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini