nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harkonas 2019, Kemendag Gelar Donor Darah di 7 Tempat

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Jum'at 22 Februari 2019 10:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 02 22 1 2021371 harkonas-2019-kemendag-gelar-donor-darah-di-7-tempat-dqw0puShd2.jpg Foto: Kemendag

JAKARTA – Meningkatnya permintaan darah menyebabkan Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kekurangan stok darah, terutama di bulan Ramadan dan setelah Lebaran.

Hal inilah yang membuat Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga,Kementerian Perdagangan menggelar kegiatan donor darah di tujuh tempat berbeda pada hari yang sama, Kamis (21/2).

Donor darah ini dilaksanakan di kantor Kemendag Pusat, Direktorat Standardisasi Dan Pengendalian Mutu Jakarta, Direktorat Metrologi Bandung, Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional (BSML) I Medan, BSML Regional II Yogyakarta, BSML Regional IV Makasar, dan BSML Regional III Banjarmasin.

Donor darah tidak hanya dapat membantu orang lain tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan jika dilakukan secara rutin dan teratur.Dengan mendonorkan darah secara teratur akan membuat tubuh Anda juga akan lebih fit.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Chandrini Mestika Dewi mengatakan, kegiatan donor darah ini dalam rangka menyambut Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019.

“Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan Harkonas 2019. Acaranya puncak Harkonas 2019 rencananya akan diselenggarakan di Bandung pada Maret mendatang,” ujarnya.

Kemendag

Dia melanjutkan, kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Ditjen PKTN dan Palang Merah Indonesia. Pendonor berasal dari pegawai Kemendag, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Di kantor Kemendag pusat, pendonor yang berhasil berjumlah 344 orang, BSML Regional I 54 orang, BSML Regional II 35 orang, BSML Regional III 41 orang, Direktorat Metrologi 37, Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu 62 dan BSML regional IV 31 orang.

“Sesuai tema Harkonas 2019, melalui kegiatan donor darah ini diiharapkan kita semakin peduli dan ke depan konsumen Indonesia semakin berdaya,” pungkas Chandrini.

Peringatan Harkonas 2019 terdiri dari beberapa rangkaian acara. Selain donor darah, Peringatan Harkonas 2019 akan ada pemberian penghargaan kepada enam Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, peresmian 250 Kantor Unit Metrologi Legal (UML) dan peluncuran program Kang Ujang (Tukang Juru Timbang).

Selain itu, juga akan diselenggarakan pameran pada 19—20 Maret 2019 bertempat di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat dengan tema “Edukasi Konsumen”. Peserta pameran berasal dari instansi pemerintah, BUMN/BUMD, lembaga perlindungan konsumen, telekomunikasi, perbankan, perusahaan swasta dari berbagai bidang seperti transportasi, ritel, perdagangan elektronik, asuransi, dan travel.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini