nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Harkonas 2019, Kemendag-BPKN Gelar Pekan Diskon Hingga Kegiatan Sosial

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 14 Maret 2019 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 14 1 2030010 harkonas-2019-kemendag-bpkn-gelar-pekan-diskon-hingga-kegiatan-sosial-htmf5eT9tJ.jpg Foto: Okezone

JAKARTA – Berbagai kegiatan menarik digelar dalam memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) yang digelar Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) pada 13 sampai dengan 20 Maret 2019. Puncak acara sendiri diadakan di Lapangan Gasibu, Bandung, pada 20 Maret mendatang, dan dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggrijono mengatakan tema peringatan Harkonas ke-7 ini yakni, "Sudah Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya". Pada hari puncak nanti diperkirakan 5.000 orang akan memadati Lapangan Gazebo.

“Melalui kegiatan tersebut diharapkan masyarakat mengenal Harkonas dan semakin mengetahui pula hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Dengan begitu, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya,” ujar Veri dalam konferensi pers jelang puncak Peringatan Harkonas 2019 bersama Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional Ardiansyah, di Jakarta, hari ini, Kamis (14/3/2019).

Ia juga memaparkan, sebelum hari puncak, pihaknya sudah menggelar berbagai kegiatan. Di antaranya adalah pekan diskon yang dibuka pada 13 maret dan akan ditutup pada puncak acara 20 Maret mendatang.

"Dalam menghadapi Harkonas, digelar pekan diskon. Ini diberikan pelaku-pelaku usaha dan kami sudah bekerjasama," ucap Veri.

Dalam menjalankan pekan diskon ini, Kemendak dan BPKN menggandeng berbagai marketplace ternama di Indonesia. Sedangkan secara luring, kerjasama dilakukan dengan ritel-ritel besar juga.

Lebih lanjut, selain gelaran pekan diskon dalam rangka memperingani Harkonas, diadakan juga acara menarik lain seperti pembukaan klinik pengaduan konsumen yang digelar Kemendag dan BPKN bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung.

Klinik pengaduan konsumen ini dibuka di pusat-pusat perbelanjaan Bandung pada 23 Februar-18 Maret 2019. “Kegiatan ini diharapkan menggugah masyarakat untuk menyuarakan keluh kesahnya jika merasa dirugikan oleh pelaku usaha,” jelas Veri.

Sebelumnya, pada 12 Maret 2019, BPKN menggelar kuliah umum dengan tema “Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya”. Kuliah umum berlangsung serentak di 11 perguruan tinggi di Bandung, yaitu Politeknik Bandung, Universitas Parahyangan, Universitas Kebangsaan, IKIP Siliwangi, Universitas Islam Bandung, Akademi Metrologi, Universitas Muhammadiyah Bandung, Universitas Widyatama, Universitas Telkom, Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Kristen Maranatha Bandung. Adapun total peserta yang menghadiri kuliah umum tersebut mencapai lebih dari 1.600 mahasiswa.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan secara masif tentang hak dan kewajiban konsumen yang ada dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 kepada para mahasiswa. Selain itu, sebagai kelompok milenial, para mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi corong sosialisasi dan edukasi perlindungan konsumen melalui media sosial miliknya,” Kepala BPKN Ardiansyah Parman.

Pada 9 Maret 2019, diadakan lomba menggambar di mal Transmart Buah Batu yang diikuti oleh 120 siswa dari 42 Sekolah Dasar di Bandung. Tujuan pelaksanaan lomba ini yaitu untuk menanamkan semangat konsumen berdaya di usia dini dan membuat para siswa mampu menyampaikan pesan melalui gambar tentang konsumen cerdas dan berdaya, seperti teliti sebelum membeli, memastikan produk bertanda Standar Nasional Indonesia (SNI), memperhatikan label dan manual kartu garansi, serta membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan. Tidak hanya itu, promosi di Kota Bandung juga dilakukan pada hari bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) di Jalan Dago.

Pada 21 Februari 2019, Kemendag dan BPKN menggelar kegiatan donor darah yang diikuti 531 orang. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara serentak di tujuh lokasi, yaitu di Kantor Pusat Kemendag, Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Jakarta, Direktorat Metrologi Bandung, Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional (BSML) I Medan, BSML Regional II Yogyakarta, BSML Regional III Banjarmasin, dan BSML Regional IV Makassar.

Kegiatan Puncak Peringatan Harkonas 2019

Pada 19—20 Maret 2019, di Kota Bandung akan diadakan Pameran Edukasi Konsumen yang diikuti oleh Kemendag, BPKN, serta pelaku usaha dari sembilan sektor prioritas yang tercantum dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen. Kesembilan sektor tersebut adalah obat dan makanan, listrik dan gas rumah tangga, perumahan, ritel, niaga-el, barang elektronik, telematika dan kendaraan bermotor, jasa kesehatan, jasa transportasi, jasa keuangan, dan jasa telekomunikasi. Pameran juga akan diisi dengan produk unggulan dari masing-masing kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kemendag pada 19 Maret 2019 juga akan meresmikan 243 kantor Unit Metrologi Legal (UML) melalui penandatanganan 243 prasasti oleh Menteri Perdagangan di Kota Bandung.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini