nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

15 Kabupaten di Jawa Timur Terdampak Banjir, Madiun Paling Parah

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 07 Maret 2019 18:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 07 519 2027112 15-kabupaten-di-jawa-timur-terdampak-banjir-madiun-paling-parah-tzPEJJLJ11.jpg (Foto: Avirista/Okezone)

MADIUN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur mencatat, setidaknya ada 15 kabupaten di Jawa Timur yang terdampak banjir.

Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, Suban Wahyudiono mengatakan, dari 15 kabupaten yang ada, Kabupaten Madiun menjadi yang terparah diterjang banjir.

"Kabupaten Madiun menjadi wilayah terparah terendam banjir. Ada 39 desa di 8 kecamatan yang terendam banjir," ujar Suban saat meninjau lokasi banjir di Madiun, Kamis (7/3/2019).

(Baca juga:  Ini Solusi Gubernur Jatim Khofifah Mengatasi Banjir di Madiun)

Menurutnya, selain Madiun, ada 14 kabupaten lainnya yang terdampak banjir, yakni Nganjuk, Ngawi, Magetan, Bojonegoro, Lamongan, Tuban, Gresik, Sidoarjo, Kediri, Probolinggo, Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan Blitar.

Foto: Avirista/Okezone

Aliran Sungai Bengawan Solo masih menjadi penyebab banjir di Provinsi Jawa Timur.

Oleh karena itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ke depan akan menggandeng para pakar untuk melakukan kajian pembuatan sodetan di beberapa wilayah.

"Ke depan bersama para ahli akan melakukan pemetaan Sungai Bengawan Solo dan membangun sodetan di beberapa wilayah supaya mengurangi luapan," kata Khofifah.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini