nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Dorong Bangka Belitung Fokus Kembangkan Pariwisata

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 15 Maret 2019 08:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 15 337 2030238 jokowi-dorong-bangka-belitung-fokus-kembangkan-pariwisata-egB7zU9q0j.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Ist)

PANGKALPINANG – Presiden Joko Widodo mendorong Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menguatkan sektor pariwisata. Menurut dia, Babel akan menjadi daerah yang maju bila mampu fokus di bidang pariwisata.

"Kalau di sini (Babel), kalau kita mau maju, lestari yang diperkuat di pariwisata, karena yang pertambangan itu suatu saat pasti akan habis," kata Jokowi ketika berada di Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (15/3/2019).

Jokowi meminta Babel tidak hanya fokus mengeksploitasi pertambangan timah. Pasalnya, pertambangan timah suatu saat bisa akan habis untuk ditambang.

Ia pun memastikan pemerintah pusat akan ikut mendorong pengembangan sektor pariwisata di Babel dengan menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang.

(Baca juga: Jokowi Salurkan Bantuan PKH kepada 1.200 Warga di Pangkalpinang)

Presiden Joko Widodo di Bangka Belitung. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Kemudian pemerintah juga tengah mempersiapkan KEK Pariwisata lainnya di kawasan Tanjung Gunung dan Sungai Liat yang terletak di Pulau Bangka.

"Ini ada lagi dua lagi KEK yang akan segera mau diresmikan," ujar Jokowi.

Jokowi percaya sektor pariwisata di Babel bisa tumbuh dan bersaing. Apalagi, investasi telah masuk di KEK Pariwisata Tanjung Kelayang.

"Saya kira contoh di Tanjung Kelayang kan juga mulai banyak investasi yang masuk," kata Jokowi.

(Baca juga: Ibu-Ibu Penerima PKH Gombali Jokowi: Ketemu Aslinya Ganteng, Jadi Deg-degan)

Presiden Joko Widodo di Bangka Belitung. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

Sementara Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman membenarkan bahwa selama ini pemda sangat bergantung pada pertambangan timah sebagai pendapatan asli daerah (PAD). Maka itu, pihaknya ke depan akan beralih ke sektor pariwisata.

"Secara bertahap Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama masyarakat melakukan upaya mentransformasikan usaha pertambangan ini ke pariwisata," ujarnya.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini