nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lubang Misterius di Langit UEA Buat Warganet Kebingungan

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 15:52 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 19 18 2032148 lubang-misterius-di-langit-uea-buat-warganet-kebingungan-OQmVyvV81f.jpg Foto: Twitter/ibrahimaljarwan.

ABU DHABI - Sebuah fenomena unik dan langka terlihat di langit Uni Emirat Arab (UEA) telah memunculkan berbagai teori di media sosial dan daring. Banyak yang khawatir fenomena tersebut berhubungan dengan makhluk ekstraterestrial atau invasi makhluk asing.

Pada akhir pekan lalu, penduduk UEA dibuat kebingungan dengan kemunculan sebuah lubang misterius di langit Kota Al Ain. Demikian diwartakan Sputnik, Selasa (19/3/2019).

Fenomena ini difilmkan dan difoto oleh banyak pengguna media sosial, yang hanya bisa bertanya-tanya apakah fenomena tersebut adalah invasi alien, kedatangan UFO, atau bahkan kenaikan nabi.

Seorang netizen yang berbahasa Arab bahkan menyatakan bahwa itu terlihat "seolah-olah Tuhan telah melempar batu ke danau", tetapi para ilmuwan dengan cepat mengungkap misteri itu, menjelaskan bahwa fenomena itu bukan ilahi atau ekstra-terestrial.

Seorang warganet yang berbahasa Arab bahkan menyatakan bahwa fenomena itu terlihat "seolah-olah Tuhan telah melempar batu ke danau". Namun, para ilmuwan dengan cepat mengungkap misteri itu, menjelaskan bahwa fenomena itu bukan sebuah keajaiban atau kejadian ekstra-terestrial.

Fenomena tersebut dikenal dengan nama "fallstreak hole" atau "hole punch cloud", yang terjadi ketika tetesan air supercool yang belum membeku menyatu dengan kristal es yang disebabkan oleh pesawat yang melewati awan.

Kristal es kemudian mulai jatuh, menyebabkan tetesan-tetesan yang menguap, meninggalkan lubang besar di tengah-tengah awan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini