nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertemu Penerima PKH, Puan Maharani: Kenal Saya atau Enggak?

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 19 Maret 2019 01:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 03 19 512 2031849 bertemu-penerima-pkh-puan-maharani-kenal-saya-atau-enggak-agwVtbx6C7.jpg Menko PMK Puan Maharani di Sukoharjo (Foto: Bramantyo/Okezone)

SUKOHARJO - Ada yang menarik saat Puan Maharani mengukuhkan Kabupaten Sukoharjo sebagai Kota Jamu, Senin (18/3/2019).

Saat bertemu dengan masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Sehat (Kisah), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Puan pun bertanya pada masyarakat tentang siapa dirinya.

Namun, ternyata perwakilan warga yang diminta naik ke atas panggung untuk berdialog dengan Puan, entah karena grogi atau apa, mereka gugup menjawab pertanyaan sederhana itu.

"Ibu kenal dengan saya? Kalau kenal, ayo saya itu siapa?" tanya Puan pada warga tersebut.

Warga tersebut mengaku kenal dengan Puan. Mendengar jawaban warga tersebut, Puan pun kembali bertanya.

"Bener ibu kenal sama saya. Kalau kenal sama saya. Hayo saya itu Menteri apa,"tanya Puan kembali.

Ditanya ulang sama Puan Maharani warga itupun akhirnya menggelengkan kepala tidak tahu.

"Ibu Puan, anaknya Bu Megawati," jawab warga tersebut. Mendengar jawaban warga tersebut, Puan tertawa lepas.

(Baca Juga: Menko PMK: Membangun Indonesia Maju Butuh Gotong Royong)

Puan pun mengaku banyak dari warga yang belum tahu benar dirinya itu Menteri apa. Namun hal itu bukanlah masalah besar. Tapi yang penting, ungkap Puan, program-program Pemerintah Jokowi berjalan lancar.

Dalam kesempatan itu pun Puan mengatakan, saat ini pemerintah tengah menggodok beberapa kartu lagi untuk masyarakat luas. Kartu-kartu yang akan dikeluarkan pemerintah itu adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Kartu Sembako sebagai pengembangan Bansos Pangan, dan Kartu Pra-Kerja.

"Nanti di tahun 2020, pemerintah juga mengeluarkan tiga kartu lagi untuk masyarakat, yakni, KIP kuliah, kartu BPMT, serta kartu pra kerja. Tapi diberikan tahun 2020 nanti,” ujar Puan.

Puan menegaskan, selama ini pemerintah Presiden Jokowi benar-benar telah menyalurkan dana yang dialokasikan melalui kartu yang saat ini sudah berjalan.

Untuk itulah, Puan meminta pada masyarakat untuk benar-benar melaporkan bila dana yang seharusnya diterima tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya diterima.

"Sekarang itukan sudah pakai kartu-kartu yang sudah berjalan. Kok banyak banget sih Bu Kartunya. Ini kita memang masih banyak memerlukan kartu-kartu. Karena memang peruntukannya beda-beda. Tapi sudah tidak bingung kan peruntukannya kartu-kartu itu," tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini