nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tentara Israel Tewaskan Seorang Pria Palestina pada Peringatan Demonstrasi Besar di Gaza

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 30 Maret 2019 20:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 30 18 2037178 tentara-israel-tewaskan-seorang-pria-palestina-pada-peringatan-demonstrasi-besar-di-gaza-Zh27yQiCva.jpg Foto: Reuters.

GAZA – Ribuan warga Palestina pada Sabtu menggelar pawai di perbatasan Gaza-Israel untuk memperingati satu tahun demonstrasi besar menghadapi Israel di sepanjang garis depan perbatasan.

Tentara Israel menembakkan gas air mata di perbatasan dan militer Israel mengatakan beberapa dari sekira 20.000 demonstran melemparkan batu, granat dan membakar ban ke arah mereka. Aktivis Palestina yang mengenakan rompi oranye terang berusaha menahan orang-orang agar tidak mendekati pagar, tetapi beberapa di antara mereka berhasil lolos.

Diwartakan Reuters, Sabtu (30/3/2019), para petugas medis Gaza mengatakan bahwa seorang pria Palestina terbunuh oleh tembakan tentara Israel di dekat perbatasan pada Sabtu dini hari. Militer Israel mengatakan mereka tidak mengetahui kematian itu dan bahwa orang-orang Palestina melemparkan alat peledak ke pagar perbatasan sampai Jumat malam.

Konfrontasi telah meningkat pekan ini menjelang peringatan protes 'Great March of Return', yang dimulai pada 30 Maret 2018. Serangan roket Gaza melukai tujuh warga Israel di utara Tel Aviv pada Senin dan sebagai responsnya Israel meluncurkan gelombang serangan udara serta meningkatkan pasukannya di perbatasan.

Protes 'Great March of Return' menyerukan pencabutan blokade keamanan yang diberlakukan oleh Israel dan Mesir, dan bagi warga Palestina untuk memiliki hak untuk kembali ke tanah dari mana keluarga mereka melarikan diri atau dipaksa untuk melarikan diri selama pendirian Israel pada 1948. Israel menolak permintaan itu karena akan menghilangkan mayoritas Yahudi di wilayah tersebut.

Tanggal 30 Maret juga menandai "Hari Tanah", peringatan tahunan atas kematian enam warga negara Arab Israel yang terbunuh oleh pasukan keamanan Israel selama demonstrasi mengenai penyitaan tanah pemerintah di Israel utara pada 1976.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini