nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerusuhan di Lapas Langkat: Ambulans Dibalik, Motor Dibakar, Ratusan Napi Kabur

Inews, Jurnalis · Kamis 16 Mei 2019 17:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 16 608 2056583 kerusuhan-di-lapas-langkat-ambulans-dibalik-motor-dibakar-ratusan-napi-kabur-NmXJES99Kx.jpg Ilustrasi

MEDAN - Kerusuhan terjadi di lapas narkoba di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Sejumlah penghuni lapas bahkan membakar motor yang diduga milik sipir dan merusak bangunan lapas.

Humas Kemenkumham Sumut, Josua Ginting, membenarkan kejadian tersebut. Namun dia mengaku belum menerima informasi utuh terkait insiden tersebut.

"Benar, informasi yang kami terima seperti itu," kata Josua kepada wartawan di Kota Medan, Sumut, Kamis (16/5/2019).

Lapas Langkat Rusuh (Foto: Ist)

Terkait penyebabnya, dia mengatakan, masih belum diketahui secara pasti. Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan.

Josua juga menyebut, ada ratusan tahanan narkotika yang kabur memanfaatkan insiden kerusuhan tersebut. Namun untuk berapa jumlah pastinya, masih belum dipastikan.

Sebuah rekaman video rekaman seorang narapidana beredar. Pantauan, tampak beberapa motor dibakar, sebuah mobil ambulans terbalik, dan kaca bangunan lapas dipecahkan oleh sejumlah napi.

(Baca Juga: Lapas Narkotika Langkat Dibakar, Sejumlah Napi Kabur)

"Kami bukan binatang, kami manusia. Perlakukan kami juga seperti manusia," kata seorang napi berteriak di sela-sela kerusuhan.

Perekam video yang juga napi mengatakan, dirinya dengan beberapa teman-temannya tidak berniat untuk kabur dari lapas. Bahkan, ada yang menyebut, lebih enak tinggal di penjara daripada harus kabur.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini