H-10 Lebaran Tol Tangerang-Merak Bebas Pengerjaan Jalan

Rasyid Ridho , Sindonews · Sabtu 18 Mei 2019 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 18 340 2057414 h-10-lebaran-tol-tangerang-merak-bebas-pengerjaan-jalan-S9ap1VS3na.jpg Ilustrasi jalan tol (Foto: Ist)

SERANG - Presiden Direktur Marga Mandala Sakti Krist Ade Sudiyono memastikan proses pengerjaan penambahan lajur tol ruas Belaraja Barat hingga Cikande akan dihentikan pada H-10 hingga H+10. Hal itu dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas selama arus mudik dan balik lebaran.

"H-10 sampai H+10 semua project akan diberhentikan pekerjaannya terutama terkait badan jalan. Barir-baritr pembatas pengerjaan dari KM 39 hingga 49 yang akan menganggu disingkirkan, akan kami geser agar tidak mengurangi kapasitas jalur," ujar Krist Ade Sudiyono kepada wartawan, Sabtu (18/5/2019).

(Baca Juga: Jelang Mudik, Tim Sapu Lubang Diterjunkan untuk Perbaiki Jalan

Dia menjelaskan, Tol Tangerang-Merak yang merupakan titik nol dari Tol Trans Jawa, telah menyiapkan lajur ke tiga ruas Balaraja Barat sampai dengan Cikande yang masih dalam tahap pembangunan. Sebelumnya, pengelola tol sudah mengoperasikan lajur ke 4 ruas Cikupa sampai dengan Balaraja Barat yang sudah dinikmati para pemudik.

"Kita juga menambah dua lajur transaksi exit di Gerbang Tol Serang Timur dan Merak yang siap beroperasi pada H-10 lebaran," ujarnya.

 Ilustrasi

Sejumlah manajemen lalu lintas jika terjadi kepadatan sudah dipersiapakan. Di antaranya akan mengalihkan kendaraan ke gerbang tol Cilegon Barat jika terjadi penumpukan di Gerbang Merak.

Jika Gerbang tol Cilegon Barat tidak dapat menampung kendaraan menuju Pelabuhan Merak maka akan dikeluarkan di gerbang tol Cilegon Timur. "Jika tidak juga teratasi maka akan diberlakukan contraflow. Jadi, arah Jakarta akan menggunakan satu jalur saja, ke arah Merak tiga lajur," tuturnya.

(Baca Juga: Persiapan Mudik 2019, Sistem One Way di Tol Trans Jaya Diuji Coba 30 Mei

Kemudian, jika masih belum terurai kepadatannya maka akan dilakukan sistem one way menuju Pelabuhan Merak. Sehingga kendaraan menuju Jakarta akan dialihkan ke jalur arteri.

"Intinya, diskresi pengaturan lalu lintas ada di pihak kepolisan dan Dishub. Kami mendukung itu, kami akan ikut. Di sisi petugas transaksi di gerbang tol merak kami sudah siapkan," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini