nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sambut Arus Mudik, GT Cikampek Utama Dipastikan Beroperasi 23 Mei

Mulyana, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 13:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 20 525 2057924 sambut-arus-mudik-gt-cikampek-utama-dipastikan-beroperasi-23-mei-K49PKsHN4k.jpg Pengerjaan GT Cikampek Utama. (Foto: Mulyana/Okezone)

PURWAKARTA – Pembangunan Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama yang berlokasi di sekitar Kalihurip, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus dikebut. Pasalnya, pembangunan GT pengganti Cikarang Utama itu akan digunakan saat arus mudik 2019.

General Manager PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman memastikan saat arus mudik nanti GT Cikampek Utama sudah bisa digunakan. Kendati, progres pembangunannya belum bisa dikatakan 100 persen selesai.

"Sebetulnya progres main road sudah selesai ya. Hanya saja, memang untuk gerbang satelitnya, yakni GT Cikampek Utama 3, 4, 5, 6 masih dalam proses finishing," ujar Raddy kepada Okezone saat meninjau kesiapan GT Cikampek Utama di Kilometer 70 Jalan Tol Japek, Senin (20/5/2019) siang.

(Baca juga: Polisi Siapkan Skenario One Way di Tol Trans Jawa pada H-3 Lebaran)

Ia menjelaskan, di lokasi ini nantinya ada 30 gardu transaksi. Rinciannya 15 gardu mengarah ke Jakarta dan sisanya mengarah wilayah timur Jawa.

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: Mulyana/Okezone)

Merujuk pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengenai jadwal pengoperasian, GT Cikampek Utama akan mulai dioperasikan pada 23 Mei.

"Tapi untuk tanggal 23 Mei nanti, hanya 14 gardu utama saja dulu yang akan dibuka, karena dianggap sudah cukup, yakni 7 gardu ke arah Timur, 7 gardu lain arah Jakarta," jelas Raddy.

(Baca juga: H-10 Lebaran Tol Tangerang-Merak Bebas Pengerjaan Jalan)

Dia menerangkan, GT Cikampek Utama akan dibuka secara situasional. Namun pada 26 Mei, lanjut Raddy, gardu-gardu tersebut akan dibuka seluruhnya.

Terkait kesiapan dalam pemberlakuan pola satu arah (one way) dalam arus mudik nanti, Jasa Marga juga telah merancang sejumlah rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan menyiapkan 6 gerbang reversibel dari masing-masing arah.

"Kami akan semaksimal mungkin untuk kelancaran arus mudik nanti," ucap Raddy.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini