nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Pemantau Pasar Tumpah Dibentuk Antisipasi Kemacetan saat Mudik 2019 di Kulonprogo

Agregasi Harian Jogja, Jurnalis · Sabtu 25 Mei 2019 17:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 25 510 2060279 tim-pemantau-pasar-tumpah-dibentuk-antisipasi-kemacetan-saat-mudik-2019-di-kulonprogo-hQGpdRxFwz.jpg Ilustrasi pengendara sepeda motor saat terjebak macet di Pertigaan Maguwo, Sabtu (22/12/2018). (Harian Jogja)

WATES – Dinas Perdagangan (Disdag) Kulonprogo membentuk tim berisikan instansi pemerintah dan jajaran kepolisian guna mengantisipasi munculnya pasar tumpah selama Lebaran.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perdagangan Kulonprogo, Slamet Riyadi mengatakan, tim ini beranggotakan jajaran Polres Kulonprogo, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan. Tim akan menyisir sejumlah pasar di Kulonprogo yang berpotensi memunculkan pasar tumpah.

Pemantauan dilakukan lantaran keberadaan pasar tumpah bisa menimbulkan kemacetan, mengingat intensitas kendaraan selama arus mudik dan balik Lebaran sangat tinggi. "Ada di Pasar Wates, Brosot, Kenteng, Jombokan, Nanggulan, sampai Samigaluh dan Dekso akan dipantau," ujarnya, Jumat (24/5/2019).

Selain pemantauan, tim ini akan membantu arus lalu lintas di pasar tumpah. Terutama jika pasar tersebut sudah menimbulkan kemacetan. Agar kemacetan tak terjadi, kepada para pedagang, Slamet mengimbau tetap berjualan di tempat yang telah disediakan.

Diberitakan sebelumnya, keberadaan pasar tumpah di sejumlah kecamatan di Kulonprogo berpotensi menimbulkan kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Ilustrasi

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Kulonprogo, Hera Suwanto mengatakan pasar tumpah dapat ditemukan di hampir seluruh kecamatan. Untuk Kecamatan Temon ada Pasar Temon. Sedangkan Kecamatan Wates terdapat di Pasar Bendungan dan Pasar Wates. Adapun untuk wilayah Kecamatan Kalibawang, pasar tumpah bisa ditemui di Pasar Dekso.

"Mendekati hari raya, keberadan pasar tumpah akan ramai luar biasa sampai ke bahu jalan, ini bisa menimbulkan kemacetan," kata Hera, Kamis (23/5/2019).


Baca Juga : Tol Tangerang-Merak Beri Diskon 15% Selama 6 Hari saat Mudik, Ini Jadwalnya

Sebagai upaya antisipasi, Dishub akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan (Disdag) Kulonprogo. Nantinya, Disdag bakal meminta para pengelola di masing-masing pasar untuk memberi imbauan kepada pedagang pasar tumpah. "Di bagian jalan kami juga akan koordinasi dengan jajaran kepolisian," ujarnya.

Hera mengatakan berdasarkan Kemenhub, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada H-4 Lebaran atau Sabtu (1/5/2019). Prediksi ini berdasarkan masa libur bagi sekolah dan instansi pemerintah. Sebelum memasuki masa tersebut, Dishub Kulonprogo memastikan posko Lebaran sudah dibangun.


Baca Juga : Puncak Arus Mudik Diprediksi Jatuh di H-4 Lebaran

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini