nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rutan Sigli Aceh Dibakar Gara-Gara Dispenser Tahanan Disita Petugas

Windy Phagta, Jurnalis · Senin 03 Juni 2019 16:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 03 340 2063415 rutan-sigli-aceh-dibakar-gara-gara-dispenser-tahanan-disita-petugas-RCqbyZqm25.jpg Rutan Sigli dibakar narapidana (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh dibakar para tahanan yang mengamuk, Senin (3/6/2019). Pemicunya diduga karena mereka kesal dispensernya disita sepihak oleh petugas rutan.

Informasi dihimpun Okezone menyebutkan peristiwa itu terjadi sekira pukul 11.30 WIB. Bagian depan bangunan rutan hangus dilalap api, termasuk ruang petugas dan ruang kepala rutan.

Begitu api membara, polisi dan pemadam kebakaran langsung menuju rutan yang terletak di Gampong Benteng, Kota Sigli itu. Para penghuni rutan sempat melawan polisi yang masuk dengan melempari dengan batu. Polisi kemudian menembakkan gas air mata. Suara senjata juga terdengar beberapa kali.

Sore ini, suasana sudah terkendali dan kebakaran rutan berhasil dipadamkan.

Rutan Sigli dibakar Napi (Foto: Istimewa)

(Baca Juga: Rutan Sigli Aceh Dibakar Narapidana)

Kepala Divisi Pemasyarakaran Kanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman mengatakan, kericuhan yang terjadi di Rutan Sigli hanya insiden kecil akibat ada miskomunikasi antara tahanan dengan sipir.

"Ada petugas kita tanpa sepengetahuan kepala rutan mengambil dispenser yang ada di kamar-kamar hunian warga binaan," katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Rutan Sigli dibakar Napi (Foto: Istimewa)

Hal itu diduga membuat para tahanan mengamuk. Dispenser yang disita petugas sebelumnya dibagikan oleh kepala rutan kepada para tahanan untuk kebutuhan Ramadan.

Meurah Budiman menyayangkan sikap sipir yang menyita dispenser itu tanpa sepengatuan kepala rutan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini