Share

Kanselir Jerman Merkel Hampir Kembali Kejang saat Upacara di Berlin

Agregasi BBC Indonesia, · Jum'at 28 Juni 2019 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 28 18 2071966 kanselir-jerman-merkel-hampir-kembali-kejang-saat-upacara-di-berlin-rpAwUE2ZZ3.jpg Angela Merkel (Foto: BBC)

BERLIN - Kanselir Jerman, Angela Merkel, tampak kembali gemetar saat upacara di Berlin, pada Kamis (27/6/2019), delapan hari setelah mengalami kejadian serupa.

Rekaman video menunjukkan perempuan berusia 64 tahun itu memegangi lengan selagi tubuhnya gemetar, layaknya seseorang yang sedang menggigil kedinginan.

 Baca juga: Kanselir Jerman Angela Merkel Baik-Baik Saja Setelah Kejang saat Upacara

Selang dua menit kemudian, dia terlihat stabil dan bersalaman dengan menteri kehakiman yang baru.

Dia sempat ditawari segelas air, namun tidak meminumnya.

Juru bicara Merkel mengatakan sang kanselir akan bertolak ke Jepang untuk menghadiri KTT G20 pada jam makan siang sesuai rencana.

 Angela Merkel

"Semua berlangsung sesuai rencana. Kanselir baik-baik saja," kata juru bicara Merkel, Steffen Seibert.

 Baca juga: Pria Buang Air Kecil dari Jembatan Buat 4 Orang Terluka di Jerman

Merkel mengalami insiden yang sama ketika berdiri di sebelah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, di luar ruangan. Saat itu suhu di ibu kota Jerman mendekati 30 derajat Celcius. Merkel mengaku mengalami dehidrasi.

Akan tetapi, pada upacara hari Kamis (27/06) di Istana Bellevue—tatkala Presiden Frank-Walter Steinmeier melantik Menteri Kehakiman Christine Lambrecht—kantor berita Jerman DPA menyebutkan suhu udara cukup sejuk.

Sehari sebelumnya, Merkel terlihat tidak menunjukkan kejanggalan ketika berdebat selama satu jam di parlemen Jerman, Bundestag. Selanjutnya dia menyampaikan pidato di Universitas Humboldt, Berlin.

Lama menjabat

 

Stasiun berita Jerman, NTV, melaporkan bahwa Merkel sempat gemetar di tengah cuaca panas dalam kunjungan ke Meksiko. Saat itu dia menghadiri upacara militer.

Selama bertugas, Merkel punya reputasi sebagai sosok dengan stamina luar biasa. Dia kerap terlibat dalam diskusi pertemuan Uni Eropa hingga larut malam.

Dia bahkan sempat bekerja dari rumah setelah menjalani operasi lutut pada 2011. Perempuan tersebut pernah absen pada 2014, setelah jatuh saat sedang berolahraga ski es.

 Baca juga: Mayat Tertusuk Panah di Jerman Diduga Pemimpin Sekte Abad Pertengahan

Merkel telah empat kali menjabat sebagai kanselir sejak November 2005. Dia sudah mengatakan bakal meninggalkan dunia politik ketika masa jabatannya yang sekarang rampung pada 2021.

Saat ini Merkel termasuk kanselir dengan masa jabatan terlama ketiga pascaperang. Helmut Kohl menempati urutan pertama (lebih dari 16 tahun), sedangkan urutan kedua adalah Konrad Adenauer (lebih dari 14 tahun).

Jika Merkel tidak sanggup melanjutkan masa baktinya, Wakil Kanselir Olaf Scholz akan menggantikan. Scholz saat ini merangkap jabatan sebagai menteri keuangan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini