nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melarikan Diri, Istri Penguasa Dubai Minta "Perintah Perlindungan" Pengadilan Inggris

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 31 Juli 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 31 18 2085995 melarikan-diri-istri-penguasa-dubai-minta-perintah-perlindungan-pengadilan-inggris-fg0XF9Mi5Q.jpg Putri Haya Binti Al Husein. (Foto: Reuters)

LONDON - Putri Haya Binti Al Husein, istri dari penguasa Dubai, Sheikh Mohammed Al Maktoum, telah meminta perlindungan pernikahan paksa di pengadilan Inggris setelah dilaporkan melarikan diri dari suaminya dan merasa nyawanya terancam. Bulan ini, Putri Haya dilaporkan tengah bersembunyi di London setelah berusaha melarikan diri dari suaminya.

Diwartakan BBC, Rabu (31/7/2019), Sang Putri telah meminta hak asuh anak-anaknya, yang dia bawa meninggalkan Uni Emirat Arab (UEA), serta perintah perlindungan pernikahan paksa dan perintah non-penganiayaan dari pengadilan. Detail dari perintah pengadilan yang diminta oleh Putri Haya tidak diketahui.

BACA JUGA: Istri Penguasa Dubai Kabur dari Suami dan Sembunyi di London

Berdasarkan definisi legal Inggris yang resmi, perintah perlindungan pernikahan paksa memberikan bantuan jika seseorang mengatakan bahwa mereka telah dipaksa menikah atau sudah berada dalam sebuah ikatan pernikahan dengan paksaan.

Kasus ini telah dimulai di pengadilan pada Selasa.

Menanggapi kasus yang diajukan ke pengadilan ini, pejabat Kedutaan UEA di Inggris menolak memberikan komentarnya, mengatakan bahwa “Pemerintah UEA tidak ingin mengomentari tuduhan tentang kehidupan pribadi individu."

Menurut beberapa sumber yang dekat dengan Putri Haya, pelariannya yang mulai dilaporkan bulan ini berkaitan dengan kembalinya Sheikha Latifa, salah seorang putri dari Sheikh Mohammed yang sempat melarikan diri dari Dubai tahun lalu.

Sheikha Latifa yang menggunakan jalur laut untuk melarikan diri dicegat oleh pria bersenjata di pantai India dan dikembalikan ke Dubai.

Putri Haya yang pada saat itu membela reputasi Dubai terkait insiden tersebut, dengan mengklaim bahwa Sheikha Latifa telah aman di Dubai, diduga mengetahui fakta-fakta yang tidak mengenakkan di balik kembalinya putri Sheikh Mohammed itu. Akibatnya, dia mendapat tekanan dari keluarga suaminya hingga akhirnya memutuskan untuk lari ke London.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini