nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peresmian Gedung Baru Jadi Kado HUT Ke-52 ASEAN

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 08 Agustus 2019 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 08 18 2089239 peresmian-gedung-baru-jadi-kado-hut-ke-52-asean-GZjkxDN64P.jpg Presiden Jokowi menandatangani peresmian gedung baru Sekretariat ASEAN didampingi Menlu RI Retno Marsudi dan Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi. (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

JAKARTA – Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-52, Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) mendapat "kado" istimewa. Sebuah gedung megah akan digunakan sebagai kantor baru sekretariatnya (ASEC) di Jakarta.

Gedung yang berdiri di lahan seluas 11.369 meter persegi di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, tersebut baru saja diresmikan pada hari ini oleh Presiden Joko Widodo. Peresmian sekaligus bertepatan dengan peringatan hari jadi 52 tahun ASEAN atau dikenal ASEAN Day.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Gedung Baru Sekretariat ASEAN 

Gedung baru Sekretariat ASEAN. (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

Pembangunan dua gedung yang masing-masing memiliki 16 lantai itu dimulai pada awal 2018 dan diselesaikan dalam tempo kurang dari dua tahun. Nantinya setiap negara anggota ASEAN akan memiliki ruangan masing-masing.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan gedung baru Sekretariat ASEAN ini memiliki konsep dialog yang juga tersirat dari desain dua menara yang dihubungkan oleh skybrigde. Konsep dialog merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari ASEAN.

Baca juga: Jokowi: Persatuan Jadi Kunci Masa Depan ASEAN 

Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan kunci gedung baru ASEAN ke Sekjen Lim Jock Hoi. (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa gedung baru ini dibutuhkan oleh ASEAN guna menunjang misi-misinya di masa mendatang. Ia juga berpesan agar ASEAN terus mendorong penggunaan dialog dan kerja sama dalam menghadapi tantangan ke depan.

"Indonesia berusaha memfasilitasi ASEAN dalam bekerja secara cepat dan solid, efektif, dan efisien. Dengan pemikiran itulah gedung ASEAN kami bangun," kata Jokowi dalam di hadapan para pejabat ASEAN, perwakilan negara sahabat, dan tamu undangan, Kamis (8/8/2019).

"Gedung baru ini menunjukkan spirit baru ASEAN, mencerminkan The New ASEAN. Saya harap ke depan sebagian besar kegiatan ASEAN sudah selayaknya dilakukan di gedung ini."

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini