nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekretariat ASEAN akan Punya Gedung Baru, Ini Penampakannya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 12:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 05 18 1840505 sekretariat-asean-akan-punya-gedung-baru-ini-penampakannya-x5TdVQjQ3U.jpg Maket Sekretariat baru ASEAN. (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

JAKARTA - Sekretariat ASEAN (ASEC) yang berkedudukan di Jakarta akan mendapatkan peningkatan fasilitas dengan dibangunnya sebuah gedung baru yang megah. Gedung baru ASEC yang rencananya akan selesai pada 2019 itu akan menggantikan kantor ASEC yang saat ini ditempati.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir mengatakan, gedung baru ASEC tersebut dibangun di atas lahan seluas 11.639 meter persegi di Jalan Trunojoyo, Kebayoran, Jakarta Selatan. Proses pembangunan gedung diperkirakan membutuhkan biaya Rp400 miliar dan dikerjakan dalam jangka 395 hari kerja.

"Mudah-mudahan jadwal dari pembangunan dari gedung ini akan dapat diselesaikan tepat waktu sehingga pada awal 2019 gedung baru ASEC akan dapat diselesaikan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada media usai upacara peletakan batu pertama gedung baru ASEC, Jumat (5/1/2018).

Dari maket yang dipajang di lokasi upacara peletakan batu pertama gedung tersebut, terlihat di lokasi itu akan dibangun 3 gedung yang terletak dalam satu kompleks perkantoran.

Gedung pertama dan yang terbesar adalah gedung baru ASEC. Dari maket yang dipajang, gedung tersebut memiliki dua menara yang dihubungkan dengan bangunan utama di tengahnya.

Bangunan megah itu dihubungkan oleh sebuah jembatan dengan gedung ASEC Heritage di sebelah baratnya. Sementara gedung ketiga adalah gedung serbaguna yang terletak di sebelah utara gedung ASEC.

Di depan gedung ASEC Heritage terdapat ASEAN Ceremonial Field dengan sebuah monumen berbentuk lambang ASEAN di depannya. Lapangan seremonial tersebut dikelilingi oleh bendera negara-negara anggota ASEAN. Sedangkan di sisi selatan gedung ASEC terdapat taman yang dinamakan ASEAN Garden.

Gedung ASEC nantinya akan memiliki satu ruang aula utama yang mampu menampung 650 orang, 16 ruang konferensi dan serba guna masing-masing bekapasitas 60 kursi. Selain itu masing-masing negara anggota juga memiliki ruang delegasinya sendiri.

Pembangunan gedung baru ASEC ini merupakan bagian dari kontribusi Indonesia sebagai tuan rumah bagi ASEC sekaligus upaya RI untuk memperkuat ASEAN. Selain itu, gedung ini juga diharapkan dapat menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan-pertemuan ASEAN di masa mendatang.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini