nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donald Trump: Kim Jong-un Minta Maaf soal Uji Peluncuran Rudal

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 13:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 18 2090840 donald-trump-kim-jong-un-minta-maaf-soal-uji-peluncuran-rudal-i7Xv1o2tzY.jpg Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Hanoi, Vietnam. Foto/Reuters

BERKELEY HEIGHTS - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara (korut) Kim Jong Un Korea Utara ingin kembali bertemu untuk memulai negosiasi" setelah latihan militer AS-Korea Selatan berakhir.

AP News melaporkan Trump juga mengatakan bahwa Kim meminta maaf atas sejumlah tes rudal jarak pendek baru-baru ini yang membuat Korsel waspada.

Baca juga: Trump Jadi Presiden AS Pertama yang Menginjakkan Kaki di Korut

Baca juga: Tentara Korea Utara Kabur ke Korsel Lewat Zona Demiliterisasi

Foto/Reuters

Trump di Twitter mengatakan kepada wartawan ia menerima surat dari Kim. Kim dalam suratnya, kata Trump mengeluh "latihan konyol dan mahal," antara AS-Korsel yang dianggap Korea Utara sebagai ancaman.

Kim dalam suratnya juga meminta maaf terkait uji rudal baru-baru ini dan pengujian rudal akan berhenti saat latihan AS-Korsel berakhir.

AS dan Korsel melakukan latihan bersama pada bulan ini.

Foto/Reuters

Korea Utara pada Sabtu (10/8) menembakkan dua rudal balistik jarak dekat ke laut, menurut Militer Korea Selatan, uji rudal kelima dalam waktu kurang dari tiga minggu.

"Saya berharap bertemu dengan Kim Jong-un dalam waktu dekat!" kata Trump.

Kedua pemimpin telah bertemu tiga kali, di Singapura, Hanoi, Vietnam dan di Zona Demiliterisasi Korea. Namun para kritikus mengatakan pertemuan tersebut buntu karena Trump tidak mampu mengatasai program senjata nuklir Korea Utara.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini