nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembangkan Energi Terbarukan, Kemnaker Jalin Kerjasama dengan ITRI Taiwan

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 11:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 15 1 2092169 kembangkan-energi-terbarukan-kemnaker-jalin-kerjasama-dengan-itri-taiwan-0OVYfhZep9.jpg Foto: Biro Humas Kemnaker

SERANG - Direktorat Bina Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan menggandeng Industrial Technology Research Institute (ITRI) Taiwan untuk mengembangkan penerapan Energi terbarukan di sektor tenaga surya, atau dikenal dengan Program “Off-Grid Solar Photovoltaic Training Project” di Serang, Rabu (14/8/2019).

Dalam program ini, Asian Productivity Organization (APO) menunjuk Tatung University, Taiwan yang akan memfasilitasi Transfer Of Technology maupun Transfer of Knowledge kepada pihak BBPLK Serang, yang ditetapkan sebagai pilot project dalam proyek energi hijau ini.

Direktur Bina Produktivitas Kemnaker Muhammad Zuhri menjelaskan, penerapan energi hijau ini dapat diimplementasikan sebagai energi terbarukan untuk kebutuhan industri di Tanah Air.

"Saya sangat mengapresiasi dan mendukung proyek energi hijau ini, yang nantinya akan sangat membantu kita melalui kegiatan peningkatan produktivitas serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia," ujar Direktur Zuhri di Serang, Banten.

Sementara itu, Kepala BBPLK Serang Fauziah, menjelaskan, pihaknya mendukung penuh pemerintah dalam pengembangan energi terbarukan tersebut. Salah satu bentuk dukungannya adalah menyiapkan 7 orang instruktur bidang listrik. “ Dimana mereka telah mengikuti training selama 2 bulan di Tatung University, Taiwan,” tutup Fauzia.

Program-program yang akan dilatih dalam kesepakatan proyek ini meliputi yakni merakit dan memasang PHB penerangan bangunan sederhana (Rumah tinggal, Sekolah); memasang dudukan dan modul surya PLTS tipe Ground Mounted; memasang instalasi kelistrikan PLTS tipe terpusat; memasang sistem proteksi PLTS; serta menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja.

Workshop diseminasi ini juga dihadiri para stakeholder seperti perwakilan ITRI; perwakilan Tatung University, Perusahaan Swasta yang ada di Serang, dan para instruktur BBPLK Serang.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini