200 Praktisi Ikut Sosialisasi Gerakan Produktivitas Nasional dan Daya Saing

Selasa 10 Desember 2019 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 10 1 2140132 200-praktisi-ikut-sosialisasi-gerakan-produktivitas-nasional-dan-daya-saing-HVNVCxZR98.jpg Foto: LPN

JAKARTA - Sebanyak 200 praktisi sejumlah bidang mengikuti sosialisasi Gerakan Produktivitas Nasional dan Daya Saing di Hotel Royal Kuningan Jakarta. Event ini digelar oleh Lembaga Produktivitas Nasional (LPN).

Ke-200 peserta terdiri dari praktisi HRD, perwakilan Asosiasi Manajemen Mutu, perwakilan perguruan tinggi dan perwakilan sejumlah instansi pemerintah di seluruh Indonesia.

LPN sendiri dibentuk berdasarkan  KEPPRES  No. 50 Tahun 2005 yang  diketuai oleh Menteri Ketenagakerjaan. Tugas utamanya yaitu memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden dalam perumusan kebijakan nasional di bidang peningkatan produktivitas dalam rangka penguatan daya saing nasional.

 Kemenaker

Acara tersebut menghadirkan Ketua Pokja LPN Prof. Bomer Pasaribu, Prof. Payaman Simanjuntak, Moedjiman dan Yosminaldi, SH. MM selaku Ketua Umum Asosiasi Praktisi Human Resource Indonesia (ASPHRI).

Yosminaldi berharap agar Presiden Jokowi segera mengeluarkan Inpres Gerakan Nasional Produktifitas dan Daya Saing RI pada 2020. "Ya tujuannya agar peningkatan rating Produktifitas dan Daya Saing RI bisa terwujud secara signifikan," ujarnya di Jakarta.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas selaku Sekretaris LPN, dalam pidatonya yang dibacakan oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kebijakan Publik, Reyna Usman menyebutkan kegiatan tersebut diharapkan menjadi momentum untuk mengingatkan kembali pentingnya kerjasama lintas sektor dalam mewujudkan peningkatan produktivitas dan daya saing berdasarkan fungsi dan tugasnya masing-masing.

“Peningkatan produktivitas dan daya saing tidak akan pernah berhasil apabila tidak memiliki komitmen bersama antar lintas sektor, sehingga diperlukan Rencana Induk Nasional dan peta jalan yang jelas dan terukur untuk dapat mengimplementasikan Gerakan Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing secara masif dan berkesinambungan,” tegasnya.

Salah satu peta jalan (road map) Gerakan Nasional Produktifitas Indonesia pada 2020 adalah pelaksanaan pilot project di 5 (lima) kawasan Industri di bawah koordinasi ASPHRI sebagai mitra utama LPN.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini