nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Iran Bakar Diri karena Dilarang Masuk Stadion Sepakbola

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 10 September 2019 20:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 10 18 2103167 wanita-iran-bakar-diri-karena-dilarang-masuk-stadion-sepakbola-iiTr7137pK.jpg Seorang wanita membawa poster bertuliskan biarkan perempuan Iran masuk ke stadion. (Foto/Alaraby)

TEHERAN - Seorang wanita Iran yang menjadi penggemar sepakbola membakar diri sebagai aksi protes dilarang memasuki stadion untuk mendukung tim sepakbola telah meninggal.

Wanita itu membakar dirinya usai mencoba memasuki stadion sepakbola dengan menyamar menjadi seorang pria.

Pihak berwenang di Iran sering mencegah wanita memasuki untuk masuk ke stadion.

Kisah wanita itu membakar diri dikenal di media sosial dengan tagar "blue girl (gadis biru-red)", referensi ke warna tim favoritnya, Esteghlal FC dari Teheran.

Wanita itu, yang dikenal dengan Sahar, bukan nama sebenarnya, ditangkap pada bulan Maret ketika dia mencoba memasuki stadion sepak bola.

Foto/BBC

Setelah dipenjara selama tiga hari dia dibebaskan dengan jaminan dan menunggu enam bulan untuk kasus pengadilannya.

Dia kemudian kembali ke pengadilan dan mendapat kabar jika dirinya akan dihukum selama enam bulan hingga dua tahun penjara.

Mengutip BBC, Selasa (10/9/2019) dia kemudian membakar dirinya sendiri di depan gedung pengadilan dan kemudian meninggal di rumah sakit.

Wanita di Iran telah dilarang masuk ke stadion untuk menonton acara olahraga pria sejak tahun 1981. Larangan itu dicabut pada tahun lalu karena ajang Piala Dunia.

Badan sepak bola dunia FIFA meminta Iran untuk mengizinkan wanita masuk ke stadion tapi hal itu belum dijamin oleh Iran.

Kasus wanita bakar diri menyebabkan banyak perdebatan di Iran.

Masoud Shojaei, kapten tim sepak bola pria Iran, mengatakan di Instagram bahwa larangan itu "berakar pada pemikiran yang sudah ketinggalan zaman dan ketakuta ngeri yang tidak akan dipahami oleh generasi mendatang".

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini