Polemik Sertifikat Nikah, Ini Kata Wapres Ma'ruf Amin

Fathnur Rohman, Okezone · Jum'at 22 November 2019 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 525 2133369 polemik-sertifikat-nikah-ini-kata-wapres-ma-ruf-amin-hyoNoe1FZ2.jpg Wapres RI Maruf Amin (foto: Sindo)

CIREBON - Sertifikat pranikah akhir-akhir ini ramai diperbincangkan publik. Ada yang setuju, ada juga yang tidak. Pemerintah sendiri beralasan, sertifikat pra-nikah dikeluarkan agar pasangan yang ingin menikah, bisa memperisapkan kehidupan rumah tangganya secara matang.

Menurut Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma'ruf Amin, dengan adanya sertifikat pra-nikah setiap pasangan mendapat bimbingan sebelum menikah. Hal ini akan bisa meminimalisir beberapa permasalahan yang akan dihadapi saat berkeluarga. Salah satunya adalah masalah stunting.

"Supaya jadi keluarga ini siap, supaya bisa membangun keluarga sejahtera, supaya bisa menghadapi stunting, makanya muncul gagasan supaya ada pembinaan sebelum menikah, makanya ada gagasan sertifikat pra-nikah," kata Ma'ruf, saat memberikan sambutan di acara pembukaan Festival Tajug 2019, di alun-alun Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Jumat (22/11/2019).

 Baca juga: Polemik Sertifikat Nikah, Menag: Pak Jokowi Tak Mau Anak Jadi Stunting, Kerdil dan Bodoh

Ma'ruf menyampaikan, saat ini pemerintah memang sedang berkomitmen untuk menyelesaikan masalah stunting di Indonesia. Menurutnya, persoalan stunting harus dicegah saat kandungan berusia 1.000 hari kehamilan pertama. Bayi dalam kandungan itu, harus diberi asupan gizi yang baik.

"Stunting harus diatasi saat 1.000 hari kehamilan pertama. Jadi mulai dari hamil, sampai melahirkan, sampai menyusui anak," ujar Ma'ruf.

 Baca juga: Wacana Sertifikat Nikah, DPR Minta Dikaji Ulang

Ma'ruf mengungkapkan, pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan sejumlah program untuk mengatasi permasalahan lainnya seperti kemiskinan, pendidikan, serta kesehatan.

"Kita akan terus tingkatkan melalui bantuan sosial, program Indonesia pintar, dan lainnya" pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini