Ada Makanan Gratis untuk Warga yang Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Singkawang

Ade Putra, Okezone · Kamis 26 Desember 2019 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 340 2146110 ada-makanan-gratis-untuk-warga-yang-saksikan-gerhana-matahari-cincin-di-singkawang-cFGf9Ddumr.jpg Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: Sky and Telescope)

PONTIANAK – Fenomenan langka gerhana matahari cincin (GMC) yang akan berlangsung pada hari ini, Kamis (26/12/2019), juga melintas di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Durasi gerhana matahari cincin di Singkawang selama 3 menit 38,1 detik.

Berbagai makanan telah disiapkan secara gratis untuk masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin. Ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Singkawang kepada masyarakat yang ingin menyaksikan kejadian langka tersebut.

Baca juga: Gerhana Matahari, Kemenag Imbau Umat Islam Dirikan Salat Kusuf 

Penganan khas berbagai etnis disiapkan di empat panggung berbeda. Pertama di panggung depan Wihara Tri Dharma Bumi Raya, Jalan Sejahtera, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

Kedua di panggung depan Beta Jaya, Jalan Sejahtera, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat. Ketiga di panggung depan Toko Sintaro, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Keempat di panggung depan Bank Kalbar, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Nantinya masyarakat yang berada di sekitar panggung bisa menikmati kuliner gratis yang disiapkan.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Bakal Terlihat di 7 Provinsi, Berikut Daftarnya 

Tidak hanya makanan, di keempat panggung itu juga bakal digelar atraksi dari berbagai daerah asli Indonesia. Di panggung pertama ada penampilan dari Padang, Banjar, Nusa Tenggara Timur, Sunda, dan Dayak. Di panggung kedua ada penampilan dari Bali, Melayu, Batak, dan Jawa.

Di panggung ketiga terdapat pertunjukan dari etnis Tionghoa, Ambon, Palembang, dan Manado. Panggung keempat ada penampilan dari etnis Bugis, Madura, Aceh, dan Riau.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan penampilan budaya dan kuliner gratis ini selain memberikan pelayanan serta hiburan kepada masyarakat, juga merupakan rangkaian dari Kirab Budaya Multietnis 2019. Acara tersebut dirangkai menjadi satu untuk menyemarakkan fenomena gerhana matahari cincin.

Baca juga: Masyarakat Bengkulu Hanya Bisa Saksikan Gerhana Matahari Cincin Sebagian 

Bagi masyarakat yang berada di rumah juga bisa menyaksikan live streaming. Sebab, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) akan melakukan pengamatan sekaligus siaran langsung dari Masjid Raya Singkawang, Jalan Masjid, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

"Ini fenomena alam luar biasa. Kota Singkawang merasa mendapat berkah, gerhana matahari cincin terjadi di Singkawang," ujarnya.

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin Akan Tampak Penuh di Dua Wilayah Aceh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini