Banjir Rendam 3 Desa di Bojonegoro, Akses Jalan Terputus

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 31 Desember 2019 08:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 519 2147655 banjir-rendam-3-desa-di-bojonegoro-akses-jalan-terputus-aiFgkCcz8r.JPG Banjir di Bojonegoro, Jawa Timur (Foto: Okezone.com/Avirista Midaada)

BOJONEGORO - Hujan deras yang mengguyur sejak Senin 30 Desember 2019 sore hingga malam membuat tiga desa di dua kecamatan di Kabupaten Bojonegoro tergenang banjir.

Sebanyak tiga desa yang terdampak banjir ini yakni Desa Kunci dan Desa Sumberarum di Kecamatan Dander, dan Desa Pragelan yang berada di Kecamatan Gondang.

Di Desa Kunci setidaknya ada sejumlah warga di 19 RT tergenang air banjir akibat datang dari luapan hutan Perhutani KRPH Sampang yang gundul.

Bahkan banjir juga membuat akses jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Nganjuk tergenang hingga 30 centimeter. Hal ini sempat membuat arus lalu lintas sempat terganggu pada Senin malam.

Sementara di Desa Pragelan, Kecamatan Gondang, banjir mengakibatkan delapan rumah warga di Dusun Bluru, Desa Pragelan tergenang banjir. Tak hanya itu, genangan air juga membuat tanggul sungai di Dusun Bluru roboh.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bojonegoro, Umar Ghoni membenarkan adanya banjir yang menerjang sejak Senin petang.

"Dari data yang masuk di kami ada dua desa di Kecamatan Dander dan satu dusun di Desa Pragelan yang terdampak banjir," ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin malam.

Ia menambahkan dampak dari banjir selain menggenangi rumah penduduk di 19 RT di Desa Kunci dan 1 RT di Desa Sumberarum, juga meredam 70 hektar sawah dengan ketinggian 20-60 centimeter.

"Kalau rumah yang terdampaknya sampai malam ini masih kita data. Total ada 20 RT. Kalau yang di Dusun Bluru, Desa Pragelan, ada delapan rumah warga yang terdampak banjir. Untuk korban jiwa belum ada," jelasnya.

Banjir juga disebut mengenai jalan di Desa Sumberarum dengan ketinggian 20-50 centimeter, jalan di Desa Kunci hingga ketinggian air 60 centimeter. Selanjutnya banjir juga memggenangi jalan Desa Pragelan sepanjang 500 meter dengan ketinggian 20 centimeter.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini