Banjir Terjang Desa di Bojonegoro, 257 Keluarga Terdampak

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 25 Januari 2020 07:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 25 519 2158091 banjir-terjang-desa-di-bojonegoro-257-keluarga-terdampak-rTCd6U4bcC.jpg Banjir terjang Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. (Ist)

BOJONEGORO – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bojonegoro bagian selatan mengakibatkan Kali Pacal di Kecamatan Gondang meluap. Luapan kali itu mengakibatkan banjir bandang.

Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro Umar Ghoni mengatakan banjir bandang terjadi pada Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 21.30 WIB, akibat hujan deras yang mengguyur di selatan Kabupaten Bojonegoro. Sejumlah material banjir bandang lumpur dan bebatuan menerjang ratusan rumah penduduk.

"Banjir bandang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur bagian selatan sejak Jumat sore. Itu dari luapan Kali Pacal di Gondang," ungkap Umar Ghoni saat dikonfirmasi Sabtu (25/1/2020) pagi.

Ia menambahkan, setidaknya 11 RT di Desa Gondang, Kecamatan Gondang terdampak banjir bandang. Banjir terparah melanda RT 3 dengan jumlah 43 Kepala Keluarga (KK).

Banjir terjang Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Bojonegoro. (Ist)

"Selain 257 KK yang terdampak dari 11 RT, lahan pertanian padi seluas 1 hektare terendam, satu musala, Puskesmas Gondang, dan jalan desa sepanjang 500 meter," ujar Umar.

Namun, Umar memastikan tak ada korban jiwa maupun korban luka akibat banjir bandang yang menerjang wilayah Bojonegoro bagian selatan. Hingga Sabtu pagi ini, BPBD masih berkoordinasi untuk mendata sejumlah kerusakan dan kerugian yang disebabkan banjir bandang.


Baca Juga : Pasca-Banjir, Pemkot Surabaya Lobi Pengembang Pasang Box Culvert di Saluran Air

"Kalau korban jiwa tidak ada. Hingga pagi ini kami masih melakukan evakuasi material banjir bandang semalam," tuturnya.


Baca Juga : Jurus Risma Atasi Banjir di Surabaya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini