nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kadinkes Jambi: Cegah Virus Korona? Jangan Bepergian ke China!

Azhari Sultan, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 23:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 340 2159220 kadinkes-jambi-cegah-virus-korona-jangan-bepergian-ke-china-h5Z7Mxrd7s.jpg Ilustrasi

JAMBI - Pasca-diiisolasinya seorang pasien yang diduga terinfeksi virus korona di RSUD Raden Mattaher Jambi pada Sabtu malam lalu, banyak imbauan pencegahan kepada masyarakat.

Salah satunya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi yang juga menjabat Plt Dirut RSUD Raden Mattaher Jambi, Samsiran Halim mengatakan dengan tegas, bahwa pencegahannya cukup mudah.

"Cegah virus Korona? Ya jangan melakukan berpergian ke negara yang terjangkit virus korona, terutama ke Wuhan, China," ungkapnya, Senin (27/1/2020).

Namun, bagi yang sudah terlanjur berpergian ke China dan mengalami sakit yang mencurigakan agar segera diperiksa.

Baca Juga: Cegah Virus Korona Masuk, Pemprov Sumsel Awasi Bandara dan Pelabuhan

"Bagi yang sudah terlanjur ke sana, tapi dalam 14 hari ada gejala demam, batuk dan sesak nafas, agar cepat berobat dan pakai masker," tukas Samsiran.

Pencegahan lainnya, kata dia, dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur serta minum vitamin yang cukup. "Tidak kalah penting, dalam menjaga kesehatan istirahat yang cukup," tandasnya.

Terkait gejaja awal pasien yang terinfeksi virus korona, sambungnya, gejala awalnya berupa demam, batuk, pilek yang disertai sesak nafas.

"Yang berasal dari China harus hati-hati bila mengalami gejala demikian. Tapi, kalau tidak ke sana, biasa saja. Tidak perlu khawatir," tegas Samsiran.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini