nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak TKA dari China, Pemkab Ketapang Bakal Lakukan Tes Medis Tangkal Virus Korona

Ade Putra, Jurnalis · Selasa 28 Januari 2020 02:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 27 340 2159231 banyak-tka-dari-china-pemkab-ketapang-bakal-lakukan-tes-medis-tangkal-virus-korona-GiOmntfSVH.jpg Ilustrasi

KETAPANG - Di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat terdapat sejumlah perusahaan besar yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Terutama TKA dari China. Bertambahnya jumlah kasus dan korban tewas akibat virus korona membuat masyarakat Ketapang was-was.

Untuk memberikan rasa tenang dan menghilangkan kekhawatiran itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang akan melakukan pengecekan kesehatan para TKA yang saat ini berada di sejumlah perusahaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Rustami mengatakan, pengecekan ini untuk memastikan para TKA yang sudah menerima kartu check up, agar dapat digunakan.

"Sehingga status mereka bisa terlihat, apakah sehat atau tidak. Khususnya tidak terserang virus corona," jelasnya, Senin (27/1/2020).

Nantinya, para TKA ini akan dilakukan pengecekan kesehatan di klinik PT WHW dan PT BSM. TKA yang dalam keadaan sehat akan diberi kartu kuning. Kartu ini sebagai penilaian kesehatan mereka.

"Pendataan ini memang perlu dilakukan karena kami tidak mengetahui TKA mana saja yang keluar masuk dari luar negeri dan kapan mereka datang. Rencananya kami akan ke Klinik WHW dan BSM untuk memantau dan mendata,” ujarnya.

Rustami menambahkan, pihaknya juga sudah menyebarkan informasi terkait pencegahan dan kriteria-kriteria virus korona. Brosur yang disebarkan ke beberapa pintu masuk kedatangan. Seperti pelabuhan dan bandara di Ketapang. Juga disebarkan di rumah sakit dan puskesmas.

“Memang belum ada yang terjangkit. Tapi kita harus lebih waspada. Jangan sampai kita kecolongan,” tegasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat Ketapang, khususnya yang bekerja di perusahaan-perusahaan yang banyak mempekerjakan warga asing dari China, agar dapat memakai masker dan membiasakan cuci tangan usai melalukan kontak dengan orang asing.

“Virus ini ditularkan dari udara. Secara otimatis, hidung dan mulut pintu masuknya. Jadi masyarakat Ketapang harus menyiapkan masker, apa lagi kalau memang berdekatan dengan warga yang bekerja dari luar. Seperti di PT WHW dan BSM,” imbaunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini