nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trump Tawarkan Bantu China Atasi Wabah Virus Korona

Selasa 28 Januari 2020 14:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 28 18 2159492 trump-tawarkan-bantu-china-atasi-wabah-virus-korona-bpiPtZkWMX.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menawarkan kepada China bantuan yang dibutuhkan untuk melawan wabah virus korona yang mematikan. Sejauh ini virus yang telah menyebar ke sedikitnya 15 negara itu telah merenggut sedikitnya 106 nyawa dan menginfeksi lebih dari 4.500 orang.

Pada Senin, 27 Januari 2020, Trump menulis di Twitter bahwa "kita berkomunikasi sangat erat dengan China mengenai virus ini."

BACA JUGA: Hasil Uji Konfirmasi, Wabah Virus Korona Berasal dari Pasar Hewan Liar Wuhan

"Kami menawarkan bantuan apa saja yang diperlukan kepada China dan Presiden Xi (Jinping). Pakar-pakar kita luar biasa!," tambahnya sebagaimana dilansir VOA, Selasa (28/1/2020).

Perdana Menteri China Li Keqiang mengunjungi Wuhan pada Senin untuk bertemu pejabat kesehatan, dan memeriksa respons terhadap wabah tersebut. Wuhan yang merupakan pusat wabah telah diisolasi dan mobilitas orang-orang di sana dan beberapa kota lain dibatasi dengan ketat demi mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Tedros Ghebreyesus, tiba di Beijing pada Senin, di mana ia diyakini akan bertemu pejabat-pejabat senior China untuk membahas wabah virus korona.

BACA JUGA: Wabah Virus Korona, AS dan Kanada Berlakukan Travel Warning ke China

Badan PBB itu mengatakan masih ada peluang untuk mengatasi virus itu jika ada kerja sama yang erat.

Beberapa negara telah mengambil langkah untuk mencegah penyebaran virus. Mongolia telah menutup perbatasannya dengan China, sementara Hong Kong dan Malaysia mengumumkan akan melarang masuknya pengunjung dari Wuhan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini