Hasil Uji Konfirmasi, Wabah Virus Korona Berasal dari Pasar Hewan Liar Wuhan

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 Januari 2020 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 28 18 2159448 hasil-uji-konfirmasi-wabah-virus-korona-berasal-dari-pasar-hewan-liar-wuhan-kSk42LHyll.jpg Foto: Reuters.

BEIJING – Para ahli di China dilaporkan telah mengonfirmasi dugaan bahwa wabah virus korona mematikan yang kini menyebar bermula di sebuah pasar hewan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Mengutip laporan kantor berita Xinhua, para ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC) mengatakan hasil uji menunjukkan virus jenis baru itu awalnya berpindah dari hewan ke manusia di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan.

BACA JUGA: Pasar di Wuhan, Kota Pusat Virus Korona Jual Ular, Tikus hingga Serigala

Pasar yang sekarang tertutup itu menjual binatang hidup, termasuk anak anjing serigala, rubah, tikus dan burung merak, dan sebelumnya telah dilaporkan sebagai pusat virus.

"Tiga puluh satu dari 33 sampel positif dikumpulkan dari zona barat pasar, tempat stan perdagangan satwa liar terkonsentrasi," kata CDC dalam laporan yang dilansir News.com.au, Selasa (28/1/2020).

"Hasilnya menunjukkan bahwa wabah virus korona baru sangat relevan untuk perdagangan hewan liar,” tambah laporan itu.

BACA JUGA: 5 Fakta Kota Wuhan Penyebar Utama Virus Korona

Sampai berita ini diturunkan, virus korona jenis baru yang dikenal sebagai 2019-nCoV itu telah menyebabkan 106 korban jiwa dan menginfeksi lebih dari 4.500 orang. Wabah virus tersebut telah menyebar ke sedikitnya 15 negara termasuk Amerika Serikat (AS), Kanada, Australia, Prancis, Jepang, Korea Selatan, Thailand dan Malaysia.

Otoritas China untuk sementara waktu telah melarang perdagangan hewan liar dan berjanji untuk "menyelidiki dan menghukum" mereka yang melanggar larangan tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini