nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota Batu Diterjang Banjir dan Longsor Usai Diguyur Hujan Seharian

Avirista Midaada, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2020 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 29 519 2160294 kota-batu-diterjang-banjir-dan-longsor-usai-diguyur-hujan-seharian-KPhHemWeRQ.jpg Banjir yang menerjang Kota Batu (foto: Okezone.com/Avirista)

KOTA BATU - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kota Batu, sejak Rabu siang hingga sore membuat sejumlah titik di Kota Batu terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

Kepala BPBD Kota Batu, Sasmito membenarkan, hujan deras yang mengguyur Kota Batu mengakibatkan plengsengan tanggul saluran irigasi di Jalan Durian yang jebol sehingga menyebabkan air masuk ke rumah warga

"Air di saluran irigasi meluber dan menjebol plengsengan saluran irigasi sepanjang 10 meter, air bercampur lumpur kemudian masuk ke dua rumah warga yang terdampak," ungkap Sasmito ditemui di lokasi, Rabu (29/1/2020).

 Baca juga: Banjir di Bojonegoro Akibat Hujan Deras dan Air Sungai Pacal Meluap

Sementara itu, di Jalan Arumadalu Songgoriti, Kota Batu, hujan deras menyebabkan beton penutup kali tengah di Songgoriti ambles dan menghambat aliran air.

"Akibatnya air ini naik setinggi 30 sentimeter dan material berupa lumpur menutup jalan raya Arumadalu setinggi 10 sentimeter," ucapnya.

 Banjir Kota Batu

Ia menambahkan, air banjir juga sempat menggenangi Hotel Arumadalu dan membuat akses jalan menuju kawasan villa Songgoriti sempat terputus.

 Baca juga: Banjir Terjang Desa di Bojonegoro, 257 Keluarga Terdampak

Titik ketiga yang terdampak derasnya hujan yakni longsornya dua titik tebing di Jalan Raya Payung KM 3, tepatnya berada di perbatasan Kota Batu dan Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

"Kalau yang di Payung ini ada dua titik longsor dengan dimensi longsoran pertama tinggi tiga meter, dan lebar dua meter, sedangkan titik longsoran kedua tingginya delapan meter dan lebar dua meter. Material longsoran membuat Jalan Raya Batu - Pujon sempat terganggu," jelas Sasmito.

Menurutnya, dari ketiga bencana yang menerjang Kota Batu, tak ada korban jiwa maupun korban luka. Namun pihak BPBD dibantu sejumlah instansi terkait masih melakukan evakuasi di tiga titik tersebut.

"Tidak ada korban jiwa atau luka di tiga titik yang diterjang bencana tadi. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu, dan instansi lain masih mengevakuasi material longsor dan banjir," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini