nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Empat Mahasiswa Jateng dari China Dipastikan Negatif Virus Korona

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 13:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 02 512 2162078 empat-mahasiswa-jateng-dari-china-dipastikan-negatif-virus-korona-DeZeon6QiD.jpg Ganjar Pranowo (Foto: Okezone)

SEMARANG - Empat mahasiswa asal Jateng yang kuliah di Henan dan Chongqing University Tiongkok telah tiba di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Sabtu 1 Februari. Dari hasil pemeriksaan, keempatnya dinyatakan negatif Korona.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan, setibanya di Banyumas, keempat mahasiswa tersebut langsung ditangani intensif di RSUD Margono. Dari hasil pemeriksaan Anamnesa, pemeriksaan fisik, laboratorium dan foto rontgen, keempatnya dinyatakan bebas virus Korona.

"Tidak ditemukan gejala dan tanda yang masuk kategori Novel Coronavirus (nCoV)," kata Ganjar ditemui usai mengikuti acara Run Against Cancer di Sam Poo Kong, Minggu (2/2/2020).

"Tidak ada riwayat kontak dengan penderita, sehingga masuk dalam kategori pemantauan saja karena belum suspek," tegasnya.

Baca Juga: Ganjar Janji Biayai Kepulangan Mahasiswa asal Jateng yang Tertahan di China

Ganjar menyampaikan akan terus memantau perkembangan warga Jateng yang masih berada di Tiongkok. Setelah pihaknya melakukan pendataan, total mahasiswa asal Jawa Tengah yang menempuh studi di Negeri Tirai Bambu sebanyak 15 orang.

Namun tidak semua dari mereka bisa membiayai perjalanan pulang ke Tanah Air, padahal KBRI Beijing pada 29 Januari kemarin telah menerbitkan surat imbauan bagi seluruh mahasiswa Indonesia yang berada di Tiongkok untuk pulang ke Tanah Air karena perkembangan virus Korona yang makin menyebar.

"Yang sisanya akan kita bantu, karena beberapa yang lain sambat tidak punya uang untuk pulang," ujarnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini