nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Tentara AS Tewas Dalam Serangan di Afghanistan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 11:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 10 18 2165985 2-tentara-as-tewas-dalam-serangan-di-afghanistan-EHf3ewdOEO.jpg Dua tentara AS yang tewas dalam serangan di Afghanistan. (Foto/NY Post)

KABUL - Dua tentara Amerika Serikat (AS) tewas dan enam lainnya cedera dalam serangan yang terjadi pada Sabtu 8 Februari 2020 di Provinsi Nangarhar, Afghanistan.

Melansir NBC News, Senin (10/2/2020) yang mengutip Kolonel Sonny Leggett, juru bicara pasukan Amerika di Afghanistan, mengatakan serangan terjadi saat pasukan AS dan Afghanistan sedang melakukan operasi bersama, namun seorang penyerang yang mengenakan seragam militer Afghanistan melepaskan tembakan ke pasukan menggunakan senapan mesin.

"Kami masih mengumpulkan informasi dan penyebab atau motif di balik serangan itu," kata Leggett dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: 6 Polisi Tewas Usai Serangan Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Baca juga: Taliban Culik 27 Anggota Organisasi Perdamaian

Kementerian Pertahanan AS dalam pernyatannya melaporkan dua prajurit yang tewas adalah Sersan Kelas 1 Javier Jaguar Gutierrez (28) dan Sersan Kelas 1 Antonio Rey Rodriguez (28).

Gutierrez berasal dari San Antonio, Texas, dan Rodriguez dari Las Cruces, New Mexico. Keduanya ditugaskan ke Batalion ke-3, Grup Pasukan Khusus ke-7 dari Pangkalan Angkatan Udara Eglin, Florida.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan delegasi "tingkat tinggi" sedang menyelidiki insiden itu.

Pernyataan menambahkan bahwa serangan tersebut tidak berdampak negatif pada persahabatan dan semangat kerja sama, antara pasukan Afghanistan dan rekan-rekan mereka di AS.

"Kami akan melanjutkan perjuangan melawan terorisme bersama," kata mereka.

AS memiliki 12.000 hingga 13.000 pasukan di Afghanistan, tetapi pada Desember tiga pejabat AS dan saat ini mengatakan kepada NBC News bahwa pemerintahan Trump siap untuk menarik sekitar 4.000 tentara.

Perang di Afghanistan, merupakan perang terpanjang yang dijalani AS, dan telah berkobar selama 18 tahun, menewaskan hampir 2.300 tentara AS, menurut Kementerian Pertahanan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini