nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Penyebaran Virus Korona, Petugas Pelabuhan Periksa Bawang Putih dari China

Heri Fulistiawan, Jurnalis · Senin 10 Februari 2020 00:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 10 340 2165859 waspada-penyebaran-virus-korona-petugas-pelabuhan-periksa-bawang-putih-dari-china-HyUGQBXhtj.jpg

LAMPUNG - Operasi gabungan dilakukan petugas KSKP Bakauheni dan Balai Karantina Pertanian pada seluruh muatan kendaraan barang serta kelengkapan dokumen sekaligus kelayakan produk barang khusus import asal China.

Hal tersebut dilakukan berkaitan dengan adanya penyebaran wabah virus korona yang ada di negeri Tirai Bambu tersebut.

Dalam razia tersebut ditemukan dua puluh ton bawang putih itu. Barang impor berasal dari China tersebut kemudian diamanakan petugas gabungan.

Bawang putih itu masuk melalui Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, berlanjut ke Pelabuhan Bakauheni yang rencananya akan di kirim ke Pulau Jawa.

Untuk memastikan bebas dari virus, petugas KSKP dan karantina melakukan penelitian secara mendalam terkait dokumen pemasukan dan pengeluaran yang dikeluarkan oleh dinas setempat asal bawang putih tersebut.

Giat rutin pemeriksaan barang-barang impor asal China dilakukan lantaran sudah diterbitkannya intruksi larangan dari pemerintah awal Februari terkait penerimaan barang impor asal China karena khawatir akan penyeberan virus korona

Baca Juga : Prajurit TNI Gagalkan Penyelundupan 5.076 Botol Miras Ilegal di Perbatasan

"Pemeriksaan barang impor dari China sesuai dengan instruksi dari pemerintah," ujar Kepala KSKP Bakauheni, AKP Indra Parameswara, Minggu 9 Februari 2020.

Penyebaran virus korona yang sudah merambah ke beberapa negara, membuat seluruh instansi terkait yang bertugas di pelabuhan dan bandara bekerja ekstra melakukan pemeriksaan barang impor, terlebih produk dari China.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini