nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wisuda Mahasiswa Asal Pekanbaru Ini Diundur Usai Dievakuasi dari Wuhan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 17 Februari 2020 14:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 17 340 2169686 wisuda-mahasiswa-asal-pekanbaru-ini-diundur-usai-dievakuasi-dari-wuhan-xEeJMDdSJL.jpg Rio Alfi mahasiswa asal Pekanbaru di Wuhan. (Foto: Ist/Dok pribadi)

PEKANBARU – Rio Alfi merupakan salah satu mahasiswa asal Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, yang dievakuasi dari Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China, akibat wabah virus korona atau Covid-19. Ia merupakan mahasiswa S-2 yang sebentar lagi menyelesaikan studi di sana.

Rio mengatakan bahwa sesuai jadwal seharusnya dia diwisuda pada Juni 2020. Dia kuliah S-2 Chinese Government Scholarship di Wuhan sejak 2016.

Baca juga: Pulang dari Observasi di Natuna, WNI Asal Pekanbaru: Istirahat Seharian di Rumah 

"Saya mendapat beasiswa di Chinese Government Scholarship. Seharusnya bulan 6 ini wisuda, tapi karena virus (korona) ini diundur, jadinya enggak tahu sampai kapan," ucap Rio ketika berbincang dengan Okezone, Senin (17/2/2020).

Di Wuhan, Rio mengambil jurusan psokologi. Dia merupakan mahasiwa yang mendapat beasiswa penuh. Segala kebutuhannya ditanggung Pemerintah China.

Tidak hanya Rio, sang istri yakni Riza juga mendapat beasiswa S-2 di kampus dan jurusan yang sama. Mereka pun membawa putrinya tinggal di Wuhan.

"Kalau saya kan kuliah sejak tahun 2016. Istri saya tahun 2017. Jurusan dan tempat kuliah sama. Tesis saya sudah hampir rampung, tinggal ada perbaikan sedikit. Istri saya teori sudah habis," ungkapnya.

Dia menjelaskan, selama di Wuhan, keduanya fokus kuliah. Mereka dilarang bekerja mencari sampingan.

Baca juga: Istana: Beredar 102 Hoaks soal Virus Korona, Hentikan! 

"Kita tidak boleh kerja di sana. Kalau ada mahasiswa yang nyambi akan dideportasi," imbuh pria yang juga diobservasi selama 14 hari di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, ini.

Ia mengatakan ada lima mahasiswa asal Riau yang kuliah di Wuhan. Saat ini mereka semua sudah pulang ke rumah masing-masing.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini