Pandemi Covid-19, Kontak Pokso Dinkes Bengkulu "Diserbu" Warga

Demon Fajri, Okezone · Selasa 17 Maret 2020 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 17 340 2184830 pandemi-covid-19-kontak-pokso-dinkes-diserbu-warga-bengkulu-7IkBKd0S2n.jpg Antisipasi Virus Corona (foto: Okezone/Heru Haryono)

BENGKULU - Nomor kontak Posko Pusat Krisis Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, yang baru diumumkan pekan lalu, "diserbu" puluhan warga setiap harinya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, menerangkan, warga yang "menyerbu" nomor kontak Posko Pusat Krisis Kesehatan, lebih bersifat konsultasi serta meminta informasi tentang penyebaran virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Positif Virus Corona, Kondisi Menhub Budi Karya Membaik 

Intip Aktivitas di Posko Jakarta Tanggap Covid-19

"Yang menghubungi posko, ada puluhan orang. Sifatnya konsultasi. Mulai dari penanganan serta perkembangan Covid-19," kata Herwan saat ditemui wartawan, Selasa (17/3/2020).

Tidak hanya di Dinkes, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Yunus, juga telah mendirikan posko pelayanan virus corona. Pendirikan posko tersebut dimulai sejak hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Posko tersebut, kata Direktur RSUD M Yunus, Zulkimaulub Ritonga, akan ditempatkan petugas dari tim medis yang standby dari pagi hingga sore atau selama jam kerja.

Di mana posko tersebut dapat dijadikan sebagai tempat konsultasi bagi masyarakat termasuk pemeriksaan kesehatan. Dia menambahkan, masyarakat yang mengalami demam saat diperiksa, akan masuk dalam kategori observasi. Jika ada gejala Covid-19, seperti sesak nafas maka status pasien tersebut menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

''Jika ada warga yang baru pulang dari luar daerah, silahkan periksa di posko,'' kata Zulki.

Baca Juga: Pasien Positif Corona yang Meninggal di Semarang Punya Mobilitas Pekerjaan Tinggi


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini