Share

Satgas Kota Malang Temukan Orang yang Berinteraksi dengan Pasien Positif Corona

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 19 Maret 2020 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 19 519 2186008 satgas-kota-malang-temukan-orang-yang-berinteraksi-dengan-pasien-positif-corona-jgIaPLQWLO.jpg Antisipasi penyebaran virus korona. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

KOTA MALANG – Satuan Tugas Corona Kota Malang bersama Satgas Corona Universitas Brawijaya (UB) tengah melakukan penelusuran mengenai riwayat kontak satu mahasiswa yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19).

Juru Bicara Satgas Corona Kota Malang Husnul Muarif mengatakan hingga Kamis siang tadi timnya masih belum menerima data lengkap dari tim dikarenakan penelusuran masih terus berjalan di lapangan.

Baca juga: Satu Pasien Positif Corona adalah Mahasiswa PTN di Kota Malang

"Ini teman-teman di lapangan masih melakukan pendataan dan tracking terhadap yang bersangkutan. Jadi yang kontak berat, yang paling erat berhubungan, dan paling lama berhubungan dengan yang bersangkutan di 14 hari sebelum masuk rumah sakit," jelasnya, Kamis (19/3/2020).

Namun sejauh ini pihaknya telah mendeteksi delapan orang yang sempat terlibat kontak dengan mahasiswa Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yang dinyatakan positif terjangkit corona tersebut.

"Sementara yang masuk saat ini dari keluarga terdekat ada delapan orang. Itu yang berada di rumah yang bersangkutan dan yang kontak erat lama dengan yang bersangkutan," ujarnya.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Sayangnya, belum ada penetapan status terhadap delapan orang itu, pasalnya masih terus dilakukan pemeriksaan.

"Belum (delapan orang ditetapkan pasien dalam pengawasan/PDP). Yang jelas dia statusnya ODP (orang dalam pemantauan) karena pernah kontak dengan yang bersangkutan," lanjutnya.

Sebelumnya pihak Laboratorium Balitbangkes Kementerian Kesehatan Surabaya telah menetapkan delapan orang di Jawa Timur positif terjangkit virus corona. Dari delapan orang tersebut, dua di antaranya berasal dari Kota Malang.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Brawijaya yang Positif Corona Punya Mobilitas Tinggi

Di mana pasien pertama positif corona merupakan salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya. Sedangkan satu pasien lainnya yang dinyatakan meninggal dunia memiliki riwayat erat kontak dengan pasien pertama.

Saat ini satu pasien mahasiswa UB itu sedang menjalani perawatan di Ruang Isolasi RSUD Saiful Anwar dan dinyatakan dalam kondisi sehat.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini