nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Surabaya Pasang 2 Bilik Sterilisasi di Bandara Juanda Cegah Covid-19

Syaiful Islam, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 23 519 2187451 pemkot-surabaya-pasang-2-bilik-sterilisasi-di-bandara-juanda-cegah-covid-19-5IaAf2FRDR.JPG Para penumpang di Bandara Juanda, Surabaya mengantre melewati bilik sterilisasi (Foto: Okezone.com/Syaiful Islam)

SURABAYA - Pemeritnah Kota Surabaya, Jawa Timur terus melakukan upaya preventif untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Di samping melakukan penyemprotan disinfektan, pemkot juga memasang dua bilik sterilisasi di bandara terminal pintu kedatangan satu dan dua Bandara Juanda.

Setiap pengunjung yang berada di terminal kedatangan domestik maupun internasional, akan melewati proses screening melalui bilik sterilisasi tersebut. Sehingga warga yang masuk ke Surabaya lewat bandara bisa steril dari virus.

"Pemasangan dua bilik sterilisasi di T1 dan T2 Juanda Airport kemarin berdasarkan arahan dari ibu Risma (Wali Kota Surabaya). Ini sebagai upaya preventif untuk mencegah penyebaran Covid-19," terang Kasie Pemeliharaan Bangunan dan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, Anggoro Himawan, Senin (23/3/2020).

Menurut Anggoro, bilik sterilisasi tipe tunnel (terowongan) sudah dipasang di terminal satu, kedatangan domestik. Sementara di terminal dua (kedatangan internasional), dipasang bilik sterilisasi tipe chamber (ruangan).

Namun, berdasarkan kajian yang dilakukan, ke depan bilik chamber yang ada di T2 Juanda akan diganti dengan tipe tunnel agar lebih cepat dan efektif saat proses screening. Ini merupakan pemasangan bilik sterilisasi di tempat umum yang pertama kali di T1 dan T2 Juanda.

"Namun ke depan tidak menutup kemungkinan bilik sterilisasi ini juga bakal dipasang tempat-tempat atau fasilitas umum lainnya. Seperti di terminal dan stasiun yang ada di Kota Surabaya," paparnya.

Sementara itu, Communication and Legal Manager Bandara Juanda, Surabaya, Yuristo Ardhi Hanggoro menyatakan, di tengah situasi saat ini, tentunya diperlukan pencegahan penyebaran yang dapat dilakukan dengan berbagai cara.

"Di Bandara Juanda sendiri juga telah menerapkan penyemprotan disinfektan, kebijakan social distancing, penyediaan cairan pembersih tangan, hingga pengukuran suhu tubuh. Kehadiran bilik sterilisasi dari pemkot tentunya kami sambut positif, karena dapat membantu kami dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Yuris.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini