nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasien Corona Pulang Usai Dinyatakan Sembuh, Warga Tak Perlu Takut

Taufik Budi, Okezone · Rabu 01 April 2020 01:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 31 512 2192104 pasien-corona-pulang-usai-dinyatakan-sembuh-warga-tak-perlu-takut-OrdLoHlH1J.JPG Ilustrasi (Foto: Okezone.com)

SEMARANG – Sebanyak empat pasien terkonfirmasi positif corona di RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang dinyatakan sembuh dan boleh pulang. Warga tak perlu khawatir, karena mereka telah sembuh sehingga tidak akan menularkan Covid-19.

“Tidak perlu takut,” kata Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro, dr Susi Herawati, kepada awak media, Selasa 31 Maret 2020.

Petugas medis masih akan memantau 4 pasien tersebut setelah tiba di rumah masing-masing. Dengan kembali ke tengah keluarga, diharapkan kondisi kesehatan mereka akan terus meningkat. Pemantauan akan dilakukan selama 14 hari ke depan.

“Tentunya kami tidak melepas begitu saja. Kami juga mempunyai nomor kontak beliau-beliau. Kami akan memantau sampai 14 hari ke depan dengan harapan teman-teman sudah bersukacita bertemu keluarga dan itu menambah semangat hidup, dan tentunya kami harapkan tidak ada lagi pasien-pasien yang positif,” harapnya.

“Kita akan komunikasi dengan telefon. Apakah masih panas atau tidak, ada sesak lagi dan sebagainya. Jadi seperti ODP-ODP yang lain. Kan kita tanya tentang panas, batuk, pilek atau sesak napas. Mudah-mudahan ini dalam kondisi yang fit dengan suka cita karena ketemu keluarga tentu l

Infografis COVID-19

Para pasien yang telah sembuh ini juga tak perlu menjalani tes swab lagi untuk memastikan kondisi kesehatannya. Sebab sebelum dinyatakan sembuh, mereka telah menjalani serangkaian pemeriksaan termasuk tes swab hingga berulang kali.

“Tidak perlu (swab) lagi. Sudah. Jadi swab itu dilakukan setiap hari sampai 2 kali negatif. Tapi 2 kalinya itu harus berurutan. Misalnya swab pertama positif, hari kedua mungkin bisa negatif, ketika positif maka tidak kita anggap. Lanjut lagi (swab) sampai dua kali negatif (berturut-turut),” pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini